Pimpin Rapat Persiapan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gorut, Ini yang Disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra

246
0

GORUT (barometernewsgo.com)-Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Gorontalo Utara (Gorut) Thamrin Yusuf, memimpin rapat persiapan lomba desa tingkat Kabupaten Gorut, bertempat di Aula BPM Pemdes, Senin (28/03/2021).

“Ya, tadi kami bersama tim penilaian lomba desa, membahas apa saja yang menjadi indikator penilaian nanti,” ungkap Thamrin Yusuf.

Ia mengatakan, lomba desa ini merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan masyarakat, dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Karena desa ini pengelola dana yang besar. Pertama kadesnya ada visi misi yang akan dijabarkan melalui RJPMDes. Dan RJPMDes lagi menyangkut RKPDes, hingga menurun ke APBDes. Nah, sehingga perlu juga kerjasama baik BPD, LPM sehingga konsep pemberdayaan masyarakat muncul secara spontan,” tambahnya.

Thamrin menambahkan faktor utama dalam penilaian tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Intinya terkait beberapa program yang ada dimasing – masing desa sudah berbasis online atau belum.

“Jadi penilaiannya ada didalam dan ada di luar. Masalah penataan halaman dan lain sebagainya itu hanya nilai tambah saja.
Tetapi bagaimana desa ini melakukan program melalui Dana Desa (DD) yang ada itu sidah terbaca dan sudah berbasis online,” jelasnya.

Ia beharap kepada panitia senantiasa bisa melaksnakan tugas dengan baik dan profesional, sehingga bisa melahirkan hasil yang terbaik.

“Kemudian menyangkut Indikator lainnya terkait Covid – 19. Sejauh mana edukasi pemdes kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Tim penilaian yang akan diturunkan berasal dari lintas OPD terkait, seperti Dikes, BPBD, Pendidikan, Pemdes,” pungkasnya.(Miton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here