Kegiatan Pelatihan Dasar Manajemen Logistik Penanggulangan Bencana di BPSDM Provinsi Gorontalo Dibuka Secara Resmi

105
0

GORONTALO (barometernewsgo.com)- Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Dasar Manajemen Logistik Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Gorontalo yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Yosef P. Koton, Senin (15/5).

Dalam sambutannya, Yosef P Koton mengatakan apresiasinya dan sangat menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting dan strategis dalam kerangka penanggulangan bencana di daerah ini.

Diharapkannya, melalui kegiatan ini para peserta dapat meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial bencana untuk kepentingan penanganan darurat bencana.

“Saudara semua adalah ujung tombak dalam pelaksanaan tugas pada penanganan darurat bencana yang sangat membutuhkan kemampuan teknis dan manajerial di lapangan” tandasnya.

Selain itu, Yosef P. Koton juga mengharapkan agar dalam pelatihan ini ditekankan pada aspek pelatihan penanggulangan bencana yang harus berpihak kepada masyarakat dan membudayakan penanganan bencana mulai dari tanggap darurat, reaksi cepat dan tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kompetensi Taddjudin Patta dalam laporannya menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari instansi terkait kebencanaan, utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Instansi dari Polri dan TNI. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Jum’at (19/5) malam yang dilaksanakan di Aula Gedung BPSDM Provinsi Gorontalo

Kegiatan ini menurut Taddjudin Patta, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, baik dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap Baguna dalam penanggulangan bencana, Menurutnya, selain dapat memupuk persatuan dan kesatuan, pelatihan dasar manajemen bencana tersebut, juga sangat penting karena memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana.

Pada kesempatan ini juga, Kabid Taddjudin Patta menyampaikan pesan Kepala BPSDM Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki yang ditujukan kepada para peserta pelatihan, bahwa bencana yang dihadapi akan terus terjadi di masa depan.

Untuk itu, seluruh elemen sangat penting untuk diberdayakan dan dilibatkan dalam penanggulangan bencana. Bagaimanapun, negara Indonesia termasuk Gorontalo, berada di wilayah kawasan rawan bencana. Kondisi ini akan terus berulang sehingga perlu mendapat perhatian serius dalam penanggulangan dan penanganannya secara profesional. (NN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here