PGP Gandeng BLK Berikan Pelatihan Keterampilan bagi Generasi Muda Pohuwato

191
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Pani Gold Project menyelenggarakan pelatihan bagi generasi muda Kabupaten Pohuwato sebagai upaya meningkatkan kualitas keahlian dan keterampilan sumber daya manusia Bumi Panua.

Dalam penyelenggaraan pelatihan tanggal 23 Februari 2023 ini, Pani Gold Project menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pohuwato.
Kepala Disnaker Nizma Sanad memberikan apresiasi kepada Pani Gold Project.

“Ucapan terima kasih kepada PGP atas kerjasama ini. Kegiatan ini adalah tidak lanjut pertemuan antara Presiden Direktur Boyke Abidin dan Bupati Saipul Mbuinga.

“Ini adalah bentuk nyata peningkatan kualitas SDM Pohuwato. Kesempatan ini jangan disia-siakan. Jadi para peserta harus memanfaatkannya dengan belajar serius, ” kata Nizma.

“Pelatihan in sebagai bentuk perhatian Merdeka Group terhadap pengetahuan, keahlian and keterampilan SDM Kabupaten Pohuwato,” menurut pernyataan tertulis Pani Gold Project.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, kualitas lulusannya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dapat menciptakan SDM yang kompeten dan berdaya saing tinggi.
Menanggapi penyelenggaraan pelatihan ini, Kepala BLK Ferny Lengkong memberikan apresiasi kepada Pani Gold Project.

“Kami sangat bersyukur sekali dengan kerjasama ini. Selama ini, pelatihan hanya diselenggarakan jika ada bantuan dana dari Kementerian. Dengan kehadiran PGP, sangat membantu Pemerintah Kabupaten, khususnya BLK,” ujar Ferny sembari menambahkan bahwa masyarakat kurang mampu dan pengangguran bisa mendapatkan manfaat dari pelatihan keterampilan ini.

Selain menyelenggarakan pelatihan, Pani Gold Project sebelumnya membantu renovasi Gedung Kantor dan Ruang Workshop di area BLK, Blok Plan, Marisa. Gedung Kantor BLK dan Ruang Workshop yang sebelumnya tidak terawat telah direnovasi dan bisa kembali dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari.

Menurut Ferny, selama ini belum ada Lembaga atau perusahaan swasta yang melakukan Kerjasama dengan BLK dalam hal penyelenggaraan pelatihan untuk usia produktif di Kabupaten Pohuwato. “Pani Gold Project memberikan bantuan luar biasa,” tambahnya.

Dia berharap ke depan perusahaan swasta seperti Pani Gold Project memberikan bantuan computer yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan skill masyarakat Pohuwato. Selama ini, kata Ferny, pihak BLK menumpang di Universitas Pohuwato dalam penyelenggaraan pelatihan yang terkait keterampilan mengoperasikan komputer.

“Kami berharap, PGP ke depan mau menyumbang peralatan komputer untuk mendongkrak keterampilan SDM di Pohuwato,” kata Ferny.

Sebelumnya, Pani Gold Project telah menyelenggarakan pelatihan On the Job Training (OJT) bagi eks-penambang rakyat yang direkrut sebagai karyawan perusahaan.

Program On the Job Training atau pelatihan bagi karyawan yang baru direkrut ini diselenggarakan tanggal 31 Januari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 47 orang mantan penambang rakyat atau penambang tradisional yang tinggal di desa lingkar tambang.

Menurut Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) Widji Pramadjati, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan dunia industri khususnya pertambangan kepada komponen warga lingkar tambang atau masyarakat penambang melalui pelibatan dalam OJT. PT GSM, PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS) dan PT Pani Bersama Tambang (PBT) secara bersama mengelola Pani Gold Project di bawah PT Merdeka Copper Gold Tbk.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here