Pemkab Gorut Raih Predikat B, Wabup Ucapkan Ini Kepada OPD

543
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Dinilai berprestasi dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat B, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI. yang diterima langsung Wakil Bupati Gorut, Thariq Modanggu, berlangsung di Daerah istimewa Yokyakarta (DIY) Senin, (24/02/2020).

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh OPD di lingkup pemda Gorut atas dukungan dan kerja samanya selama ini sehingga bisa meraih predikat B dan Insya Allah ke depan akan lebih baik lagi,” unkap Wabup.

Saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki oleh Pemda Gorut sudah baik dan ke depan harus ditingkatkan. Tentu pada penghargaan tahun 2020 ini hasil evaluasi kinerja tahun 2019.

Thariq menjelaskan, Untuk lebih mengefisiensi kinerja ini tentunya Perlu meningkatkan Penyempurnaan Cascading kinerja hingga ke level individu. Selanjutnya terus di lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala atas kinerja masing – masing OPD untuk mendorong pencapaian kinerja, Sebagai penunjang, Serta Lebih fokus dalam Pemanfaatan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi

“jadi Predikat kinerja untuk Pemda Gorut ini mendapatkan predikat B dan kita masih punya ruang juga kesempatan untuk meningkatkan predikat yang lebih tinggi lagi di tahun depan. Dan Insya Allah ini jalur dan juga jalan yang tepat untuk kemudian ada beberapa hal kita sempurnakan lagi di tahun 2020. Mudah – mudahan kedepan mendapat predikat A bila para ASN siap dan bekerja dengan sebaik mungkin,” tegasnya.

Olehnya Penyelesaian target kinerja tingkat pemerintah daerah (Pemda) tentunya melalui kelaborasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemda Gorut.

“Tentu dalam mengejar target kedepan perlu ada kerjasama untuk semua OPD, Agar target yang kita raih bisa tercapai,” Tegasnya

Wabup Thariq menambahkan, Gorut Setelah mendapatkan penilaian berpredikat B Pihaknya pun saat itu bersama Bapeda, Inspektorat, dan bagian Organisasi belajar ke pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Mengingat Daerah tersebut merupakan daerah Satu – Satunya Memeperoleh Nilai tertinggi yang berpredikat “AA”pada akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada Tahun 2019 kemarin.

“Jadi setelah kami memperoleh predikat B Saya di dampingi bapedda, Inspektorat, Bagian Organisasi datang ke pemda DIY, Karena mereka satu – satunya Daerah yang sudah bisa meraih peringkat AA pada tahun 2019,” Ujarnya.

“Pada kesempatan itu pula kami pemkab Gorut diterima oleh Pemerintah DIY Khususny Kepala Biro Organisasi YB. Jarot Budi Harjo bersama kepala bagian Reformasi Birokrasi Faishol Muslim, S.IP, M.Si,” Ungkapnya

Setelah mendapatkan penjelasan secara umum baik yang bersifat teknis yang disampaikan oleh Kepala Biro organisasi DIY, kata kunci dari pemerintahan adalah Komitmen dan Keteladanan.

“Jadi kita pemkab Gorut juga harus Optimis, Apalagi kita sudah mendapatkan Gambaran – Gambaran yang bersifat strategis dalam mencapai akuntabilitas kinerja. Dan untuk rencana tindak lanjutnya saya akan sampaikan kepada Bapak Bupati,” tandanya

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI. Cahyo Kumolo dalam sambutanya mengatakan, bahwa Prinsip Akuntabilitas Kinerja Instansi berorientasi dapat mengacu pada peraturan presiden (Perpres) No. 29 tahun 2014, tentang sistem akuntabilitas kenerja instansi pemerintah,”Tutup (Cahyo).(Adv/MM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here