Pohuwato Jadi Tempat Pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyerapan APBD, APBN Triwulan III

204
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Pemerintah Provinsi Gorontalo memilih Kabupaten Pohuwato menjadi tempat pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi penyerapan APBD dan APBN triwulan III tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noor di gedung panua kantor bupati, Kamis (13/10).

Rakorev yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) ini diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota, satker vertikal, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota.

Dikatakan Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noor, rakorev ini merupakan perwujudan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan program kegiatan pembangunan daerah sebagaimana arahan menteri dalam negeri.

Dijelaskan Penjagub Hamka, berdasarkan laporan realisasi APBD oleh Biro P2E, untuk pendapatan daerah sebesar Rp. 1,757 Milyar, realisasinya hingga triwulan III mencapai 72,61 persen atau sebesar Rp. 1,276 Milyar. “Nah, untuk belanja daerah dengan anggaran Rp. 1,739 Milyar, realisasinya Rp. 1,126 Milyar atau mencapai 64,74 persen”, ungkap Hamka.

Sementara untuk APBD kabupaten/kota, kata Hamka, realisasi fisik tertinggi dicapai oleh kabupaten boalemo sebesar 72,96 persen dan terendah gorontalo utara 56,96 persen. Untuk keuangan, realisasi tertinggi hingga triwulan III dicapai oleh kabupaten boalemo sebesar 65,80 persen dan terendah kabupaten gorontalo utara 50,65 persen.

“Kepada bupati dan wali kota, satker APBN, serta OPD provinsi, saya mohon betul untuk senantiasa melakukan pemantauan dan pengawasan secara berkala, baik disaat pelaksanaan maupun ketika mengakhiri program kegiatan,” pungkas Hamka.

Sementara itu, Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan pemerintah provinsi gorontalo yang telah mempercayai kabupaten pohuwato sebagai tuan rumah pelaksanaan rakorev.

“Sebagai tuan rumah, saya menyampaikan selamat datang kepada bapak gubernur gorontalo bersama segenap rombongan dan juga bupati, walikota, atau yang mewakili dari kabupaten/kota yang hadir dalam kesempatan ini di wilayah kabupaten pohuwato. Alhamdulillah, kehadiran pak gubernur bersama segenap rombongan, kabupaten/kota ini menambah income kami di wilayah kabupaten pohuwato”, tutur Suharsi Igirisa.

Khusus untuk wilayah kabupaten pohuwato, jelas Suharsi, apa yang disampaikan terkait dengan progres oleh Kakanwil Perbendaharaan dan apa yang jadi harapan gubernur insyaallah ini menjadi perhatian kami.

Diketahui, pada rapat koordinasi dan evaluasi itu dibahas serapan APBN tahun anggaran 2022. Berdasarkan laporan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, untuk pendapatan dengan pagu Rp. 1,059 Triliun, realisasinya hingga September mencapai Rp. 972,56 Milyar atau 91,83 persen. Sedangkan untuk belanja dengan pagu Rp. 10,135 Triliun, realisasinya Rp. 7,155 Triliun atau 70,59 persen.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here