Banyak Keluhan Pedagang, Pemda Pohuwato Akan Tata Kembali Pasar Marisa

567
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Untuk menjadikan Pasar Tradisional Marisa nyaman dan tertib, Selasa (20/10/2020), bertempat di Gedung Panua Kantor Bupati Pohuwato, digelar rapat penataan pasar.

Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras memimpin rapat penataan Pasar Tradisional Marisa di Gedung Panua, Kantor Bupati Pohuwato, Selasa (20/10).

Rapat ini turut dihadiri Penjabat Sekda, Iskandar Datau, unsur Polres, Unsur Kodim 1313 Pohuwato, Assisten Pembangunan, Rusmiyati Pakaya, Kadis Koperindag, Kadis Perhubungan, Kasatpol PP, Lembaga Perlindungan Pedagang Pasar Tradisional (LP3T) Marisa, mandor pasar, dan perwakilan pedagang.

Dalam rapat tersebut, banyak keluhan yang disampaikan, terutama terkait dengan tidak tertibnya pedagang rempah-rempah yang beberapa oknumnya telah kembali ke tempat semula dan menyebabkan kecemburuan terhadap pedagang yang berada di dalam petak pasar.

Menurut para pedagang rempah yang berada dalam petak, penghasilan pedagang yang berjualan di luar lebih besar ketimbang yang menjual di dalam.

Tak hanya itu, pedagang juga mengeluhkan keberadaan preman pasar yang memback up sejumlah pedagang. Bahkan akhir-akhir ini telah terjadi pencurian baik uang maupun barang dagangan.

Menanggapi hal itu, Wabup Amin Haras menjelaskan bahwa persoalan penertiban Pasar Marisa sangat diperlukan, selain pasar adalah pertemuan antara pedagang dan konsumen, juga merupakan pusat usaha ekonomi masyarakat.

Karena itu, Wabup Amin meminta instansi terkait, untuk melakukan pengaturan.

“Pengaturan ini juga karena adanya COVID-19 agar tidak terjadi kerumunan warga berbelanja. Kita jaga jangan menjadi klaster baru. Maka dari itu, para pedagang harus mengikuti apa yang diatur oleh pemerintah. Kalau memaksakan diri, kita harus tegas, ini perlu di back up oleh Satpol PP, Perhubungan dan dibantu Polri dan TNI,” tandas Wabup.(BMW-03/Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here