Meninjau Pekerjaan Ruas Jalan yang Dibiayai PEN, Manajemen PT. SMI Disambut Wabup Suharsi Igirisa

160
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)- Pekerjaan ruas jalan yang dibiayai dana PEN di Kab. Pohuwato ditinjau langsung oleh Manajemen PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Tim yang dipimpin Relationship Manager, PT. SMI, Elia Benny tersebut, diterima Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa yang didampingi Sekda Iskandar Datau, Kepala Bapppeda, Irfan Saleh, Kadis PUPR, Risdiyanto Mokodompit dan Kepala DLH, Sumitro Monoarfa di rumah jabatan Wakil Bupati, Selasa, (14/11).

Relationship Manager, PT. SMI untuk pembiayaan daerah, Elia Benny menjelaskan, maksud dan tujuan ke Pohuwato adalah melakukan monitoring pekerjaan yang didanai oleh Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Memang Pohuwato sendiri sebagai debitur, melakukan pinjaman PEN ke PT. SMI Persero yang kita semua tahu karena kondisi covid-19. Bantuan yang kami berikan berupa pinjaman dengan bunga yang cukup rendah dengan stimulan di daerah, dengan harapan daerah-daerah ini bisa memajukan ekonomi dengan lebih baik”,jelasnya.

Menurutnya, dengan pinjaman lebih dari Rp. 100 Miliar, Alhamdulillah, pada 2022 sudah selesai semua pekerjaannya, dan salah satu kewajiban PT. SMI untuk melakukan monitoring setiap tahunnya.

“Tidak hanya membiayai untuk membangun saja, tapi melihat bagaimana operasionalnya, bagaimana kondisi jalan yang nanti dipergunakan masyarakat sehari-harinya”,ucapnya.

Selain itu, tim PT SMI juga melakukan survei ke sektor persampahan, karena dari Pemkab Pohuwato hadir di kantor PT. SMI di Jakarta untuk meminta bantuan CSR.

Lebih lanjut dijelaskannya, terdapat beberapa sektor yang dimohonkan sebenarnya, tapi mungkin pada kesempatan ini PT. SMI melakukan survei terlebih dahulu.

“Mungkin nanti kita akan melihat lebih lanjut lagi seperti apa bantuan CSR yang mungkin bisa diberikan dari PT. SMI ke Pemkab Pohuwato, apakah terkait dengan armada ataupun kepada penambahan kapasitas dari UKM-UKM terkait persampahan di Pohuwato itu sendiri”,kata Elia.

Diakuinya, terkait pembangunan yang dibiayai dana PEN di Pohuwato di mana secara data yang didapat memang Pohuwato salah satu yang terbaik di daerah Provinsi Gorontalo.

“Untuk pinjaman PEN yang diterima di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Pohuwato salah satu atau mungkin paling cepat penyelesaian pekerjaan. Ini menunjukkan komitmen dari pemda dan juga kerja sama dari masyarakat, dari segala pihak yang melaksanakannya. Alhamdulillah, penuh amanah, sehingga proses pengerjaan dan penyelesaian dari proyek-proyek yang ada bisa berjalan dengan baik”,pungkasnya.

Sementara itu, Wabup Suharsi Igirisa menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim yang kita tahu bersama untuk memantau pelaksanaan/pekerjaan yang dibiayai dana PEN.

“Mereka juga memantau bagaimana tentang persampahan di sini yang Insya Allah mereka akan bantu. Untuk kekurangan-kekurangan mereka akan bantu lewat dana CSR dari dan PEN itu sendiri.
.
Jadi apa yang diharapkan oleh pemerintah daerah terkait persampahan yang ada di Pohuwato khususnya terkait kebutuhan armada mudah-mudahan bisa terpenuhi atau bisa dibantu.

Wabup Suharsi menambahkan, terkait permohonan ke PT. SMI yaitu review pengembalian modal dan bunga, dan itu telah mereka sentil tadi yang insya Allah tinggal menunggu saja. Karena kita masih memenuhi kebutuhan berupa bencana sosial yang terjadi bulan lalu.

“Kami telah bertemu langsung dengan pihak PT.SMI, dan Kementerian Keuangan di Jakarta, sebelumnya diawali dengan menyurat ke lembaga itu. Bahkan pada zoom meeting sempat ada arahan mengenai pengembalian dana PEN tersebut. Insyaallah apa yang kita perjuangkan bisa terealisasi”,ujar Wabup Suharsi Igirisa.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here