Wabup Suharsi Igirisa Canangkan Rangkaian Kegiatan HUT RI ke-78 Tingkat Kabupaten Pohuwato

177
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)- Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa mencanangkan seluruh rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Pohuwato.

Pencanangan tersebut, dilaksanakan di Kecamatan Lemito yang ditandai dengan pelepasan balon dan penanaman pohon sebanyak 17 buah pohon secara simbolis di halaman Rumah Sakit Pratama, Lemito.

Selain itu, diserahkan pula 3.200 bendera yang secara simbolis oleh Wabup Suharsi Igirisa, Sekda Iskandar Datau dan Anggota DPRD Pohuwato, Yunus Usman, Selasa, (1/8).

Pada momentum itu, Suharsi Igirisa mengatakan, penanaman pohon di halaman RS Pratama diharapkannya dapat dilanjutkan oleh pihak rumah sakit pada kesempatan berikutnya.

Hal itu jelasnya, karena saat ini yang di tanam baru 17 buah pohon dan selanjutnya penanamannya oleh pihak Rumah Sakit Pratama itu sendiri.

” Sekali lagi harapan kami pohon tersebut bisa tumbuh, sehingga bisa menjadi pelindung, perindang dan penyejuk di RS Pratama”,ungkap wabup.

Dijelaskannya, hari ini telah dicanangkan kegiatan HUT Proklamasi tingkat Kabupaten Pohuwato dan juga ada penyerahan bendera bagi masyarakat, dengan harapan bendera itu bisa dipasang di depan rumah bersamaan dengan umbul-umbulnya.

“Pemasangan bendera dan umbul-umbul ini merupakan bentuk penghormatan kita kepada para pejuang yang telah memerdekakan dan memproklamirkan Kemerdekaan RI yang telah berusia 78 tahun. Kami juga berharap selain memasang bendera dan umbul-umbul kiranya kebersihan lingkungan sekitar juga menjadi perhatian bersama. Karena ini adalah bulan istimewa atau hari istimewa di mana negara atau bangsa ini merdeka dari penjajahan yang saat ini akan kita rayakan dan meriahkan bersama”,jelas Wabup Suharsi.

Sementara itu, Ketua Panitia, Bahari Gobel menambahkan, pada pencanangan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Pohuwato telah dilakukan penanaman pohon serta ditandai juga dengan pelepasan balon. Kemudian penyerahan 3.200 bendera merah putih yang akan dibagikan kepada masyarakat di Kabupaten Pohuwato.

Menurut Staf Ahli Bupati, Bahari Gobel, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam memeriahkan kemerdekaan RI antara lain untuk tingkat kecamatan bahwa di seluruh kecamatan akan mengadakan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus dan sorenya gerak jalan kemudian ada pawai, dan kegiatan kecamatan lainnya, kegiatan ini diharapkan diinsiasi oleh camat.
Kemudian untuk tingkat kabupaten akan dilaksanakan kegiatan mulai dari pelaksanaan pramuka pada 14 Agustus.

Selanjutnya upacara taptu, upacara detik-detik proklamasi, upacara penurunan bendera pada sore hari dan malamnya resepsi kenegaraan.

“Serentak seluruh Indonesia akan dilaksanakan pembagian bendera, dan untuk Kabupaten Pohuwato secara simbolis diterimakan kepada masyarakat yang selanjutnya akan diserahkan oleh para camat. Diharapkan kepada seluruh masyarakat, pemerintah desa, pemerintah kecamatan agar mulai hari ini atau tepat 1 Agustus hingga 31 Agustus bendera merah putih dipasang di depan rumah, kantor pemerintah bersamaan dengan umbul-umbul. Juga untuk kebersihan lingkungan diharapkan pula, sehingga momen ini bisa kita rasakan bersama terutama mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah”,pungkas Bahari Gobel.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here