Pani Gold Project Selenggarakan Pelatihan Pemadam Kebakaran kepada Siswa SMA Negeri 1 Marisa

208
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Siswa dan pimpinan SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato memberikan apresiasi kepada Pani Gold Project atas penyelenggaraan pelatihan pemadam kebakaran (fire fighting) dan motivasi belajar di sekolah tersebut pada 25 Januari 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Bulan K3 Nasional, yang biasanya diperingati antara tgl 12 Januari sampai 12 Februari setiap tahun.

Seperti proyek perusahaan lainnya, Pani Gold Project pun rutin memperingati bulan K3 Nasional dengan berbagai kegiatan, termasuk pelatihan di sekolah dan kuis serta beberapa lomba internal bagi karyawan.

Pani Gold Project merupakan proyek pertambangan emas yang dikelola PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) dan PT Pani Bersama Tambang (PBT).

Acara berjalan dengan meriah, diikuti oleh siswa SMA Negeri 1 Marisa. Selama acara, seluruh siswa yang berpartisipasi terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan.

“Semoga ke depannya [pihak SMAN 1 Marisa dan Pani Gold Project] bisa bekerjasama lagi,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Marisa, Zikrun Punuh, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya.

Terkait bulan K3 Nasional, dalam keterangan tertulisnya Kepala Teknik Tambang (KTT) PT PETS, Sasongko Heru Nugroho menyatakan secara faktual saat ini kesadaran untuk Selamat, Sehat dan Peduli Lingkungan di masyarakat, elemen perusahaan (termasuk di internal PGP ataupun MDKA), dan regulator sendiri, masih sebatas rutinitas yang harus dilakukan karena diminta oleh regulasi.

“[Tantangan kita adalah] Bagaimana kita dapat membangun kesadaran untuk memiliki Budaya K3L tidak hanya sebatas rutinitas Bulan K3 Nasional [melakukan kegiatan dengan proposal yang tidak mungkin ditolak oleh manajemen] yang perlu diinisiasi baik di internal PGP sendiri, maupun pada masyarakat sekitar yang bersinggungan dengan Pani Gold Project,” katanya.

Perlu dicatat juga keberhasilan PETS mendapatkan  sertifikasi ISO 45001, 14001 sebagai bagian dari sertifiksi ISO di PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Pelatihan ini diisi dengan penyajian materi dan motivasi belajar oleh Retno A. R. Tungkagi, salah satu alumni dari SMAN 1 Marisa yang saat ini bekerja di Pani Gold Project sebagai Geologist PGP dan diikuti oleh pemberian kuis berhadiah langsung oleh Jose Christie, HSE Senior Supervisor PT PETS.

Sementara itu, praktek menggunakan selang air dan APAR dipimpin oleh Febri Nuzul Ramadhan, ERT Supervisor & Trainer PT PETS beserta tim. 

Kegiatan sesi berbagi ini dilakukan di jam usai sekolah, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar, dan berlangsung di halaman sekolah.

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Marisa, , sambutan dari Manager External Affairs Pani Gold Project, Mahesha Lugiana, serta sambutan dari Sasongko Heru Nugroho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here