Bupati Saipul Mbuinga Resmi Lantik Asosiasi BPD Pohuwato Periode 2022-2025

150
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Kepengurusan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Pohuwato resmi dilantik Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga. Pelantikan BPD yang terdiri dari ketua umum, wakil ketua, sekretaris umum, bendahara umum, korwil, dan bidang-bidang berlangsung di Hotel Ibis Manado, Selasa, (04/10).

Mengawali sambutannya, Bupati Saipul menyambut baik terbentuknya asosiasi badan permusyawaratan desa (BPD) kabupaten pohuwato, semoga dengan hadirnya lembaga asosiasi ini dapat menjadi wadah berhimpun para anggota BPD se-kabupaten pohuwato dalam memaksimalkan tugas dan fungsi serta tukar menukar informasi dan juga pengalaman di masing-masing desa.

Lanjut bupati, sebagai mitra kepala desa dalam menjalankan pemerintahan desa, BPD memiliki tugas, fungsi dan peran diantaranya BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. Dimana segala aspirasi masyarakat disalurkan dan disampaikan melalui anggota badan permusyawaratan desa, oleh sebab itu BPD dianggap sebagai parlemennya desa.

Kemudian tugas fungsi utama BPD adalah menampung segala aspirasi dari masyarakat desa, dengan demikian BPD merupakan wakil rakyat yang menjalankan fungsi legislasi layaknya pada lembaga parlemen di daerah. Sinergitas antara eksekutif dan legislasi menunjang kesejahteraan dan kemajuan masyarakat yang ada di desa.

Disisi lain kata Bupati Saipul Mbuinga, hari ini telah terbentuk pengurus asosiasi badan permusyawaran desa (BPD) yang mewadahi seluruh Anggota BPD se-Kabupaten Pohuwato. Adanya wadah ataupun himpunan atau asosiasi BPD ini melekat tuntutan untuk berpartisipasi aktif membangun desa, menjalankan komitmen sebagai pelaksana fungsi legislator yang ada di desa.

Selain itu, kehadiran BPD tidak hanya menjamin pelaksanaan demokrasi yang ada di desa, akan tetapi menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan yang ada di desa masing-masing sebagaimana yang diamanatkan undang-undang desa.

“Selamat saya ucapkan kepada seluruh pengurus yang baru dilantik, selamat bekerja, selamat bertugas. Saya berharap kita semua mampu membangun sinergi secara aktif demi mewujudkan pohuwato yang lebih baik”,pungkas Bupati Saipul Mbuinga.

Adapun susunan kepengurusan Asosiasi BPD Kabupaten Pohuwato, Ketua Umum, Indra Laraga, Wakil Ketua I, Amrin Kadir, Wakil Ketua II, Nelson Parera, Wakil Ketua III, Sumitro Ahmad, Wakil Ketua IV, Mohamad Pakaya, Sekretaris Umum, Alpika Mohi, Bendahara Umum, Maryam Samarang serta korwil kecamatan dan bidang-bidang.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here