Masuki 1 Ramadhan Bupati Pohuwato Melakukan Pemukulan Beduk di Mesjid Agung Baiturahim

282
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Seiring ditetapkannya 1 Ramadhan pada Ahad 3 April 2022, Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Sabtu (2)3) melaksanakan Shalat tarwih perdana di Mesjid Agung Baiturahim Pohuwato

Menariknya, sebelum Sholat Tarawih dimulai, dilakukan prosesi adat penjemputan tauwa lo u lipu atau longohi tuwoto to yiladiya lo tauwa lo u lipu ma tumuwoto ngohui lo ramadhan atau memberi tanda kepada pemimpin daerah bahwa malam ini mulai masuk satu ramadhan.

Bupati Saipul dijemput dari rumah jabatan menuju masjid agung baiturahim, dan sesampainya di masjid agung, dengan didampingi Bate loo Loopo to Pohuwato, Asmat N. Tuna, Kadhi Pohuwato, Drs. Syaiful Ali Sabu, dan Hakimu, Wisno Pakaya, S.Pd, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga melakukan pemukulan beduk tanda dimulainya salah tarwih di awal bulan ramadhan yang kemudian dilanjutkan oleh pemangku adat.

Bupati Saipul mengatakan, pemukulan beduk ini adalah pertanda bahwa pada Ahad besok kita sudah masuk 1 Ramadhan, dengan demikian mulai Sabtu malam ini akan melaksanakan salat tarwih berjemaah di seluruh kabupaten pohuwato khususnya untuk umat muslim. Olehnya, mari di bulan ramadhan ini kita memakmurkan masjid dengan amalia-amalia ramadhan serta kegiatan lainnya berupa pengajian.
Hal ini dimaksudkan kata bupati Saipul, pada bulan ramadhan tahun depan tidak bisa dijamin apa masih bisa bertemu kembali dengan bulan yang penuh rahmat dan berkah ini. Oleh karena itu, kesempatan yang ada benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk memperbanyak amalia di bulan yang suci ini.(JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here