Sambut Kunjungan Rachmat Gobel, Bupati Saipul Serahkan Proposal Usulan Proyek

476
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Menyambut dan menerima kunjungan Wakil Ketua DPR-RI, Rachmat Gobel, Bupati Saipul Mbuinga menyerahkan beberapa Proposal usulan proyek bagi kepentingan masyarakat Pohuwato ke depan, Rabu (9/3) di Kantor Bupati Pohuwato

Kepada Rachmat Gobel Bupati Saipul memaparkan, pemerintah dan masyarakat Pohuwato sebagai bagian dari masyarakat Gorontalo sangat membutuhkan perhatian dan bantuan pemikiran dari Wakil Ketua DPR RI yang merupakan putra Gorontalo.

Selain itu, Bupati Saipul juga menjelaskan berbagai potensi, peluang serta kebutuhan masyarakat Kabupaten Pohuwato, gambaran tentang kondisi lapangan serta daya dukung untuk menjadi dasar bagi bapak Rachmat Gobel memberikan arahan dan bantuan serta solusi penyelesaiannya.

Di bagian lain, Kepala Baperlitabang, Irfan Saleh menyampaikan beberapa hal strategis yang diharapkan mendapatkan dukungan pendanaan APBN.

Diantara usulan dalam proposal tersebut berupa pemaparan kondisi ekonomi Pohuwato yang menurutnya sesuai data BPS pertumbuhan ekonomi minus 0,18 persen dan 60 persen struktur ekonomi Pohuwato dari pertanian. Sektor ini ungkapnya
mengalami pertumbuhan yang minus.

“Alhamdulillah, berkat kegiatan-kegiatan yang Insya Allah akan berkelanjutan dari bapak Wakil Ketua DPR RI ini akan terus memacu pertumbuhan ekonomi Pohuwato kembali normal sebagaimana di tahun 2019 yang tembus di angka 6,29 persen.

Selanjutnya dari aspek SDM yang diukur melalui IPM, pohuwato memang dari 6 kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo masih termasuk IPM kategori sedang, sektor ksesehatan dan pendidikan menjadi pemicu utama mendapat prioritas setelah didorong kedepan.

“Pemicunya adalah covid-19, tadinya kemiskinan kita trendnya cukup baik, penurunan setiap tahun, tapi di 2021 ada kenaikan menjadi 18,08 yang insyaallah pula trend kembali seperti pada tahun sebelum covid”,ucap Irfan.

Untuk Bendungan Randangan jelas Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh, sejak 2015 dibangun, kurang lebih 8 tahun hingga saaat ini fungsinya belum maksimal dengan lahan kurang lebih 10 ribu haktare.

Andaikan ini bisa segera berfungsi (jaringan kiri dan kanan) kami yakin Pohuwato menjadi lumbung pangan di kawasan teluk tomini. Ini juga menjadi aspirasi beberapa desa yang menjadi sasaran dari jaringan bendungan ini.

“Semoga usulan ini bisa beroleh perhatian dari pemerintah pusat terutama dari Wakil Ketua DPR RI dapil Gorontalo”,tandas Irfan Saleh.(JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here