Bacakan Nota Pengantar RAPBD Perubahan, Ini yang Disampaikan Wabup Hendra Hemeto

739
0

KABGOR (barometernewsgo.com)-Wakil Bupati Gorontalo Hendra Hemeto di hadapan Anggota DPRD Kab. Gorontalo menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan, Senin (27/9).

Dalam penyampaiannya, Ketua DPD II Golkar Kab. Gorontalo itu mengatakan rasa syukurnya karena berbagai tahapan agenda pembahasan RAPBD Perubahan 2021 telah dilalui prosesnya, mulai dari penetapan RKPD perubahan, KUA PPAS perubahan hingga penandatangan nota kesepakatan dan saat ini pembahasan RAPBD Perubahan 2021.

Pembahasan mengenai RAPBD Perubahan ini ungkap Wabup Hendra sangat penting artinya karena terkait dengan upaya merealisasikan program dan kebijakan bagi masyarakat. Anggaran daerah tandasnya, memiliki fungsi alokasi, distribusi dan stabilitasi.

Sebagai alat kebijakan fiskal, pemerintah daerah , sasaran yang ingin dicapai melalui intervensi program kegiatan yang termuat dalam APBD antara lain penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, efektivitas dan efisiensi sumber daya, mengurangi disparitas antar wilayah dan menciptakab keseimbangan fundamental bagi perekonomian daerah.

Terkait pengusulan RAPBD Perubahan ini, Wabup Hendra Hemeto menjelaskan, terdapat beberapa hal mendasar yang harus disikapi melalui koreksi terhadap pagu indikatif APBD induk Kab. Gorontalo 2022. Diantaranya memperhatikan regulasi kebijakan dan peraturan maupun perundang-undangan yang mengatur tentang keuangan daerah. Berdasarkan berbagai peraturan perundangan itu, Pemerintah Kab. Gorontalo telah melakukan beberapa aspek penting, antara lain telah merumuskan dan menghitung secara cermat proyeksi target-target pendapatan daerah sampai dengan akhir tahun anggaran, telah melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun 2021 dan menginventarisir serta menelaah kegiatan-kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan sampai dengan akhir tahun. Selain itu, pemerintah daerah juga telah menginventarisir penambahan atau pengurangan anggaran sesuai dengan kebutuhan sampai dengan akhir tahun, telah membahas dan menentukan program atau kegiatan yang dapat dikurangi atau ditambah untuk memenuhi kegiatan yang lebih prioritas dan dapat dilaksanakan sampai akhir tahun, telah membahas dan menentukan kegiatan baru baik fisik maupun non fisik terkait pemulihan ekonomi akibat Pandemi covid-19. Pemerintah Daerah juga ungkap Wabup telah melakukan refocusing dan rasionalisasi anggaran belanja daerah dalam rangka menyikapi kebijakan nasional akibat Pandemi covid-19.

Pada dasarnya, Pemerintah Kab. Gorontalo ungkap Wabup memiliki komitmen dan semangat yang tinggi dalam memenuhi berbagai ketentuan dan peraturan yang mengatur tentang keuangan daerah.

Sementara itu, pada penghujung pidatonya, Wabup Hendra Hemeto menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan kepada segenap anggota DPRD Kab. Gorontalo yang telah bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab bersama pihak eksekutif dalam kerangka mewujudkan pembangunan di Kab. Gorontalo.Diharapkannya semoga kerja sama yang harmonis ini akan terus terjalin di masa depan demi kemaslahatan masyarakat di Kab. Gorontalo.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here