Jalani Prosesi Adat Moloopu, Nelson: Ini Menjadi Pegangan Dalam Menjalankan Tugas Sebagai Bupati

323
0

KABGOR – Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo menjalani prosesi adat moloopu di gelar di Rumah Jabatan Bupati Minggu, (28/02/2021).

Prosesi adat moloopu diawali dari kediaman pribadi di Desa Tinelo Kecamatan Telaga Biru menuju rumah jabatan Bupati di Kelurahan Kayubulan Kecamatan Limboto. Terlihat, Nelson didampingi Istri Fory Naway di iringi para pemangku adat dari rumah kediaman menuju rumah jabatan Bupati .

Bagi dirinya kekuasaan diberikan kepada orang yang dikehendaki, dan juga diambil kepada orang kehendaki. “Artinya, menjadi bupati bukan kemamuan saya ataupun rakyat. Namun ini sudah menjadi takdir. Kerena diberikan kepada orang dikehendaki,” tutur Nelson.

Dalam menjalankan proses adat, dirinya sangat menghargai proses ada tersebut. Pasalnya, hal itu akan menjadi pegangan dirinya dalam menjalankan tugas sebagai bupati.

“Banyak pesan yang terkandung dalam proses adat ini. Sehingganya, mari kita jaga proses adat ini. Ini juga akan menjadi pedoman saya dalam menjalankan tugas nanti,” tambah Dia.

Dirinya meminta bimbingan dan selalu diingatkan dalam menjalankan tugas dengan baik. Sebagai manusia biasa butuh bimbingan dan peringatan yang baik dan benar. Olehnya, saya berharap kepada pemangku adat dan sesepu agar mengingatkan saya dalam menajalan tugas

Dijelaskan Nelson, kadangkala cara mengingatkannya tidak benar. Hal ini bisa melihat di medsos. Dan ini sangat merusak tatanan pemerintahan dan masyarakat.

“Banyak masalah yang harus dituntaskan ke depan. Mohon dukungan sepenuhnya kepada semua pihak serta kepada masyarakat marilah kita bersama-sama membangun daerah yang kita cintai ini,” tandasnya.

(Bidang IKP – DiskominfoKabgor)

                Plh Bupati Buka Musrenbang RKPD Tahun 2021 Kecamatan Mootilango.

SIARAN PERS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN GORONTALO NO:068/BID-IKP/SELASA 23 FEBRUARI 2021.

KABGOR – Plh Bupati Gorontalo, Hadijah U. Tayeb menghadiri Musrembang RKPD Tingkat Kecamatan Mootilango Tahun 2021, dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Kegiatan berlangsung di Aula kantor Desa Paris Kecamatan Mootilango, Selasa (23/02/2021) dan dihadiri pula oleh Asisten I, Pimpinan OPD terkait, Anggota DPRD, serta Camat dan Kades se Kecamatan Mootilango.

Ditemui usai kegiatan, Plh Bupati Hadijah Tayeb menyampaikan, musrembang RKPD adalah satu kewajiban pemerintah kecamatan untuk dilakukan, karena akan diramu, disaring dan dilakukan perengkingan sesuai kebutuhan usulan dari hasil musrembangDes .

“Sehingga mana yang dialokasikan untuk di tingkat Kabupaten, provinsi maupun pusat sesuai dengan peruntukkannya dan jelas. Tentunya satu kewajiban dalam penyusunan program kegiatan, serta kita diwajibkan memperhatikan visi-misi Bupati Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026 untuk pengentasan kemiskinan,” ungkap Plh Bupati.

Lebih lanjut Hadijah menyampaikan, karena pada 2016-2021 periode pertama Bupati Nelson Pomalingo berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo, yang dari 23 persen menjadi 17.2 persen, maka yang harus dilakukan kedepan adalah melakukan program kegiatan dalam mengsejahterakan rakyat dan menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo tentunya berharap, tahun depan minimal 6 sampai 7 persen angka kemiskinan bisa turun, maka di saat periode 2021-2026 selesai kita bisa mencapai penurunan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo mencapai 10 persen, sehingga sudah mendekati angka nasional. Olehnya kesejahteraan masyarakat diutamakan”, imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here