Wabup Thariq Modanggu Terima Kunker Pemkot Bitung

358
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Kunjungan kerja (Kunker) studi komparasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara ke Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) disambut langsung Wakil Bupati (Wabup) Gorut, Thariq Modanggu, di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorut, Jumat (27/11/2020).

Hadir pada kunjungan para asisten Setda kota Bitung, Kapala Bagian Hukum, Kepala Bagian Tata pemerintahan (Tapem) kota Bitung.

Thariq mengatakan pada pertemuan itu telah menghasilkan tiga poin kerjasama yang akan ditindaklanjuti. Poin-poin itu diantarnya, kerjasama di bidang perikanan dan kelautan, kerjasama di bidang sosial, dan Badan Kerja Sama Utara-utara (BKSU).

“Pertama kerjasama di bidang perikanan kelautan, ini sangat penting karena kedua daerah ini ada di pesisir Utara dengan karakter yang sama dan khusus untuk bitung sendiri itu sudah menjadi internasional hak. Jadi dia sebuah port ya jadi dia sebuah Pelabuhan penghubung internasional, sehingga untuk ekspor dan segala macam itu, itu dengan mudah dilakukan” Jelasnya.

Sementara itu, poin kedua kerjasama di Bidang sosial, kata Thariq itu dimaksudkan untuk penanganan masalah sosial, seperti terjadinya masalah atau kesalahpahaman antar masyarakat Gorut yang berada di Bitung maupun sebaliknya.

“Jadi Jangan nanti ketika ada masalah lalu kemudian kita diminta bertanggungjawab,
tetapi kita tidak membangun kerjasama sejak awal membangun kerjasama itu, sehingga ketika ada masalah warga kita di sana, dengan mudah kita bisa atasi” jelasnya lagi.

Sementara untuk poin ketiga terkait BKSU, membahas tentang bagaimana untuk Pemkot Bitung untuk masuk dalam BKSU yang sudah terbentuk selama ini.

“Kalau jadi itu akan memberikan manfaat luar biasa karena Bitung telah menjadi satu pelabuhan internasional dan itu akan sangat penting sinergitas nya dengan BKSU” ujar Thariq.

“Jadi tiga poin itu menjadi 3 poin yang akan menjadi rencana aksi atau Rencana tindak lanjut dari pertemuan tadi” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here