SMS Siapkan Program untuk Perempuan: Gratiskan Biaya Persalinan

542
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato nomor urut 4, Saipul Mbuinga – Suharsi Igirisa (SMS) telah menyiapkan berbagai program untuk kaum perempuan jika terpilih pada Pilkada 2020 nanti.

Cawabup Suharsi Igirisa mengatakan, fokus program terhadap perempuan dimulai sejak melahirkan hingga kematian. Yaitu, gratis biaya persalinan, gratis makanan bergizi balita dan ibu menyusui, gratis biaya kesehatan di Puskesmas dan RSUD dan gratis bantuan kedukaan.

“Semua hal tersebut terkait erat dengan kaum perempuan. Nantinya, kami akan fokus membantu dan menjaga kaum perempuan agar hidup sehat, maju dan sejahtera,” kata Suharsi.

Suharsi mengatakan, saat ini program-program yamg telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato khususnya terkait kaum perempuan sudah berjalan sangat baik. Nantinya, ia bersama Saipul Mbuinga akan melanjutkan dan memperkuat program-program tersebut agar dirasakan manfaatnya secara lebih merata.

Sekedar diketahui, menurut data Pemkab Pohuwato, pada tahun 2021 nanti diperkirakan ada 1.564 ibu yang akan melahirkan. Kemudian hingga tahun 2020 ada 4.328 balita dan ibu menyusui.

Untuk itu, program SMS ini akan menjadi landasan dalam menjaga kesehatan ibu melahirkan, menyusui dan balita.

“Kita tahu sudah Perbup yang mengatur tentang dana jaminan persalinan, dan itu kami apresiasi. Nantinya kami pun akan terus memperkuat, karena dengan bertambahnya angka yang melahirkan dan tersebar di seluruh wilayah Pohuwato, akan bertambah juga anggaran yang harus dipersiapkan,” tutur Suharsi.(Adv_HT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here