Wabup Thariq Angkat Bicara soal Rencana Kedatangan TKA China ke Gorut

1069
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Wakil Bupati Gorut Thariq Modanggu akhirnya angkat bicara mengenai rencana kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) China dan tenaga kerja lokal di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Tomilito, Gorut.

Menurut Thariq, tenaga kerja asing sebaiknya difokuskan pada keahlian spesifik atau teknis sehingga tidak perlu terlalu banyak, sementara pekerjaan lainnya bisa dikerjakan tenaga lokal.

Selain itu, Thariq menilai bahwa perusahaan yang menangani pekerjaan pembangunan PLTU juga belum siap dengan karantina TKA dan tenaga lokal.

Ia berharap, perusahaan jangan lalai dengan protokol kesehatan sebab saat ini pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda berakhir.

“Saya kira perusahaan yang menangani pembangunan PLTU Tanjung Karang harus lebih transparan soal kesiapan, jangan membuat rakyat Gorut bingung serta pemerintah, persiapan karantina lokal saja mereka belum siap apalagi sudah dengan TKA yang begitu banyak 227 ditambah lagi dengan tenaga kerja luar provinsi yang berjumlah 310 orang,” kata Thariq dalam keterangannya, Minggu (12/7).

Untuk itu, Thariq menugaskan Kadis Nakertras Gorut untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo terkait rencana kedatangan TKA dan tenaga lokal ke Gorut.

“Intinya Pemprov dan Pemda Gorut harus duduk bersama dalam hal TKA dan tenaga kerja lokal asal luar daerah, sebab substansi dari akar persoalan ini di Gorut, baik buruknya kami yang akan menerima, tenaga kerja pribumi tanggung jawab pemda untuk itu dinas terkait harus ada koordinasi dengan dinas kami,” tegas Wabup.

Pewarta: Miton Modanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here