Serahkan Bantuan Mesin Pangkas Kepada 9 Kelompok Petani, Ini Harapan Wabup Thariq

606
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com) – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modangu menyalurkan sebanyak 41 unit mesin pangkas bantuan Pemerintah Kabupaten Gorut tahun anggaran 2019, di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kamis (26/12) kemarin.

Bantuan 41 unit mesin pangkas ini diserahkan kepada 9 kelompok petani dari 3 kecamatan masing-masing Kecamatan Kwandang 5 kelompok, Kecamatan Tomilito 3 kelompok dan Kecamatan Ponelo Kepulauan 1 kelompok. Dimana, setiap kelompok memperoleh 4 hingga 5 bantuan mesin pangkas.

Dari bantuan tersebut, Wabup Thariq berharap pengadminitrasian pemanfaatan mesin pangkas ini perlu diperjelas.

“Jadi, harus dilihat mekanisme peminjaman dari setiap anggota kelompok, termasuk administrasinya. Harus dilihat waktu peminjaman dan kondisi mesin. Ini penting untuk memastikan bahwa bantuan ini tetap menjadi modal dan aset kelompok dan bukan diperjualbelikan,” ujar Thariq.

Tidak hanya soal pemanfaatan saja, lanjut Wabup Thariq, setiap kelompok juga harus memperhatikan pemeliharaan dari mesin tersebut. “Harus diperhatikan soal ketentuan penggantian oli, onderdil dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Juga soal pemanfaatan mesin ini harus mengedepankan keadilan, bagaimana ini dapat diatur dengan baik, sehingga tidak ada ketidakcemburuan diantara anggota, begitu juga dengan pemeliharaanya.

Intinya, pemanfaatannya betul-betul untuk kebutuhan peningkatan usaha pertanian,” sambungnya.

Lebih dari itu, Thariq pun berharap kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan bantuan.(MM/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here