Buka Sosialisasi dan Koordinasi GISA, Bupati : Penerapan Go Digital Melalui Inovasi DALANG

495
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com) – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin membuka sosialisasi dan koordinasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) terkait penerapan Go Digital melalui Inovasi “Dalang” sekali datang langsung tuntas bagi camat dan kepala desa Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2019, yang dilaksanakan di Aula TikTok Cafe, Desa Titidu, Kecamatan Kwandang, Selasa (3/12) kemarin.

Bupati Gorut Indra Yasin dalam sambutannya mengaku masalah kependudukan sangat penting, karena ini menyangkut data kependudukan di Gorut.

“Ini sangat penting ketika pemerintah daerah mengambil kebijakan dalam bentuk program,” kata Indra.

Menurut Bupati dua periode ini , identitas setiap orang akan diketahui lewat KTP, tapi kalau dia tidak mengurus KTP, tentu akan sulit untuk masuk dalam program pemerintah daerah, terlebih terkait penerimaan bantuan.

Karena dengan penyaluran bantuan ini akan mudah disalurkan dengan sesuai peruntukkannya, karena akan diketahui pekerjaannya. “Seperti pengalaman yang lalu ada nelayan yang dapat alat Pajeko, karena ketidakvalidan data kependudukan untuk kolom pekerjaan,” ungkap Bupati Indra Yasin.

Maka, pada kesempatan itu, orang nomor satu di Gorut ini meminta kepada kepala desa untuk dapat menyiapkan data kependudukan, seperti jumlah laki-laki dan perempuan. “Karena kalau saya saat berkunjung ke salah satu desa, datanya dari berapa tahun terakhir tidak berubah. Makanya, harus ada mutasi untuk kevalidan data penduduk. Makanya ayahanda dan ibunda kepala desa dapat mendata data penduduknya, mana yang sudah ada KTP dan belum,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan terkait dengan data kependudukan ini, nantinya akan ada rapat evaluasi guna menseriusi data kependudukan ini. (MM/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here