Musik Gambusi Mulai di Lirik Pemrov, Dispar Gorut Siap Melestarikan Budaya Gorontalo

522
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Video seorang lelaki paruh baya yang tengah asyik memainkan musik tradisional Gambus dengan lantunan syair lagu khas Gorontalo sambil duduk di atas sepeda motor saat ini lagi viral di Medsos Portal Gorontalo kembali mendapatkan perhatian khusus Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo, hal ini di buktikan dengan kunjungan Rombongan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara (Disparbud) Selasa (19/11) berlangsung di ruang kerja Kadis.

Rombongan yang di Pimpin Kabid pengembangan ekonomi kreatif dan SDM Pariwisata Nurlela Musa Menemui Kadis Pariwisata Gorut dalam rangka Melestarikan Budaya Khas Gorontalo lewat SDM yang mumpuni sekaligus melaporkan maksud dan tujuan mereka ke Gorut.
Di ketahui Dinas Pariwisata sangat tertarik dengan Video Gambus tradisional yang di peragakan oleh Sala satu warga Desa Otiola Kecamatan Ponelo Kepulauan Abubakar Hubulo yang saat ini viral di Media Sosial Grup Portal Gorontalo

“Pihaknya mengapresiasi dengan tindakan mengajak Saudara Abubakar untuk bersedia di kontrak menjadi musisi tradisional Gambus yang nantinya akan di tempatkan di Bandara jalaludin Gorontalo dengan ruangan dan fasilitas pendukung untuk bisa nyaman dalam bermain musik Gambus sambil bernyanyi dengan lantunan syair Gorontalo yang berkolaborasi dengan bahasa indonesia yang nantinya akan menjadi tontonan tamu yang berkunjung ke Gorontalo, “kata Nurlela.

Lebih lanjut Nurlela menyampaikan bahwa saat ini musik Gambus tradisional perlu adanya keterlibatan semua pihak dalam menjaga dan melestarikannya jika tidak Musik pop atau aliran Musik lainnya bisa mendominasi dan berpengaruh pada paradigma regenerasi dini dan yang akan datang sehingganya perlu adanya pengembangan musik gambus bersama syairnya itu.


Ia pun mengakui bahwa musik Gambus banyak di minati oleh publik baik tradisionalnya dan kreasinya itu. “Jika Saudara Abubakar bersedia pasti minggu ini yang bersangkutan akan eksis pertunjukan, “ungkap Nurlela.

“Yang kami lakukan ini berdasarkan Program Bidang selain itu Gubernur Rusli Habibie sudah mengingatkan harus ada alat musik tradisional berserta pengiringnya di bandara agar tamu kita bisa terhibur sambil melihat langsung musik khas Gorontalo yang di akui saat ini belum ada, “tandas Nur.

Demikian halnya Dinas Pariwisata Provinsi akan terus mengupayakan harus ada Musik musik tradisional di setiap hotel, di lapangan taruna Sabtu minggu dan di tempat umum lainnya.

Sementara itu Kadis Disparbud Dalam hal ini Sekretaris Dinas Usman menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterimah kasih atas kunjungan ini, sebagai Dinas OPD terkait kami bangga memiliki aset-aset yang bisa di kembangkan seperti Saudara Abubakar. “Dengan kunjungan ini kami akan terus berupaya mencari bakat bakat bertalenta guna Melestarikan budaya khas Gorontalo serta bisa mengembalikan Budaya Musik gambus tradisional yang hampir tidak disebut sebut lagi oleh Regenerasi di jaman now, “ini imbuhnya.

Saat itu juga Pihak Disparbud Gorut mengarahkan dan memediasi pertemuan Dinas Pariwisata Provinsi dengan Saudara Abubakar di kediaman Camat Ponelo kepulauan Di desa titidu.(MM/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here