Peringatan Harganas XXVI Tahun 2019, Indra : Ini Momentum Bangun Keluarga Sejahtera

469
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com) – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) digelar pemerintah Kabupaten Gorut melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP-KB), Kamis (3/10) kemarin.

Kegiatan dibuka langsung Bupati Gorut, Indra Yasin yang dalam sambutannya mengaku Harganas ini sebelumnya telah digelar di tingkat pusat yang dilaksanakan di Kalimantan Selatan, kemudian tingkat Provinsi Gorontalo dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato. Momentum harganas ini kata Indra tentu harus dijadikan sebagai modal penting untuk membangun keluarga sejahtera.

Dikatakan Indra, lewat Harganas ini secara bertahap dan mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan penetapan empat penetapan ketahanan keluarga, yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya dan keluarga peduli dan berbagi.

“Mulai sekarang kita harus menggerakkan kembali ke meja makan dengan tidak melihat status sosial, orang tua dan anak-anak berkumpul bersama,” ujar Indra.

Lebih lanjut disampaikannya Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni sejak tahun 1993, hal ini dilaksanakan sesuai amanat keputusan presiden nomor 39 tahun 2014 tentang hari keluarga nasional.

“Karena pemerintah menyadari pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara,” tambahnya.

Kemudian juga disampaikan, setiap keluarga memiliki fungsi yang disebut 8 fungsi keluarga, fungsi tersebut adalah ; fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya dan fungsi lingkungan.

Melalui 8 fungsi keluarga itu diharapkan disetiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, dimana setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, melalui 8 fungsi keluarga bila di implementasikan niscaya akan tumbuh anak Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji.

Diharapkan dengan adanya peringatan hari keluarga nasional sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga indonesia untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar mendapatkan generasi yang berkualitas. (MM/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here