KASN RI Menyetujui Kebijakan dan Desain Sistem Manajemen Talenta yang Diterapkan Pemprov Gorontalo

24
0

GORONTALO (barometernewsgo.com)-Komisi Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (KASN RI) akhirnya menyetujui kebijakan dan desain Sistem Manajemen Talenta yang akan diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Melalui surat resminya KASN menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas komitmen Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam upaya menerapkan sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Selain itu, KASN juga telah menyetujui Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 20 Tahun 2023 tentang Manajemen Talenta serta ketentuan lainnya sebagai dasar hukum penggunaan Sistem Manajemen Talenta dalam Manajemen ASN, serta sebagai dasar dalam proses pengembangan karir ASN yang bebas dari intervensi politik maupun praktik KKN.

“Selanjutnya agar kebijakan internal tentang Manajemen Talenta di Lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dilakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai dan diimplementasikan secara konsisten,” demikian bunyi surat dari KASN RI

Dengan demikian berdasarkan pertimbangan tersebut, KASN mempersilakan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) menggunakan Sistem Manajemen Talenta dengan tetap berkoordinasi bersama KASN.

Menanggapi persetujuan dari KASN, Kepala BKD Provinsi Gorontalo Zukri Surotinojo mengucap syukur karena upaya Pemerintah Provinsi Gorontalo akhirnya berbuahhasil optimal dari kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh tim.

Zukri optimis dengan menerapkan manajemen talenta, maka Pemprov Gorontalo dapat melakukan efisiensi penggunaan APBD.

“Dalam pengisian jabatan khususnya jabatan pimpinan tinggi tidak lagi melalui seleksi terbuka, sehingga anggaran dapat digunakan untuk hal yang lebih prioritas lainnya,” ujar Zukri.

Zukri juga berharap agar seluruh pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dapat mendukung penuh terhadap penerapan manajemen talenta. Hal ini agar praktik baik ini dapat terus konsisten berjalan.

“Dengan penerapan manajemen talenta, setiap insan PNS khususnya di lingkungan Pemprov Gorontalo akan termotivasi dengan sendirinya untuk meningkatkan kompetensi, kinerja dan prestasinya.

Secara terbuka masing-masing PNS dapat melihat nilai talentanya dalam sistem yang tersedia, sehingga setiap PNS nantinya dapat mengetahui kelebihan maupun kekurangannya masing-masing,” tandasnya. (Tr/Awal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here