Sekda Roni Sampir Mengapresiasi Baznas Kab. Gorontalo Masuk Sekolah

64
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Pemerintah Daerah mengapresiasi penyaluran Zakat dan infak yang menjadj program Baznas Kabupaten Gorontalo masuk sekolah.

Melalui program ini, Baznas Kab. Gorontalo menyalurkan berbagai bantuan fasilitas pendidikan dan bantuan bagi siswa yang sangat penting dalam menunjang peningkatan akses dan kualitas pendidikan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Dr. Roni Sampir usai menyerahkan secara simbolis penyaluran Zakat dan infak program Baznas masuk sekolah kepada Mustahik Senin (04/03/2024).

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Basnaz Kabupaten Gorontalo itu dirangkaikan dengan halal bil halal dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 tahun 2024.

Tak hanya itu, program Basnaz ini menyasar bidang kesehatan dengan menanggung masyarakat yang belum tercover pada kepesertaan BPJS sebanyak 600 orang. Termasuk di bidang infrastruktur lainnya seperti Pembangun Rumah Layak Huni (Rutilahu).

“Sehingga zakat dan infak disamping ibadah, hal ini membantu masyarakat bidang sosial maupun ekonomi. Membangun daerah tidak hanya dilakukan oleh pemerintah butuh kolaborasi stakeholder,” ungkap Roni.

Dirinya menambahkan, akan melakukan langkah-langkah strategi dalam meningkat infak dan zakat bagi ASN, seperti program Basnaz masuk Puskesmas.(HT)

“Mudah-mudahan dengan banyak anggaran yang dikolaborasikan melalui Baznas di Kabupaten Gorontalo, mendorong program pemerintah bisa tepat sasaran,” tambahnya.

Terkait halal bil halal merupakan momentum yang luar biasa dalam menyambut bulan Ramadhan, serta pasca melaksanakan pemilu presiden maupun legislatif adanya perbedaan pilihan dan dukungan.

“Melalui halal bil halal ini dengan perbedaan pilihan itu untuk dapat bersatu menjalin silaturahmi dengan baik maka dalam menjalankan ibadah puasa dapat diterima Allah SWT,” tandas Roni.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Gorontalo Sukri Moonti mengatakan program bantuan yang diberikan berupa fasilitas sekolah yang tidak di anggarkan

“Selain itu bantuan lainnya seperti paket sembako kepada orang tua siswa maupun pemberian santunan yang mengalami musibah kebakaran,” katanya.

Pihaknya pada bulan ini menyalurkan bantuan yakni 6 sekolah tingkat SD, SMP, SMA untuk siswa 8 penerima sedangkan bagi orang tua 40 orang.

Program Baznas Masuk sekolah ini rutin dilaksanakan setiap bulannya, dalam memberikan bantuan terhadap orang tua siswa yang butuh modal usaha.

“Termasuk memberikan kepada orang tua siswa yang membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas yang belum tercover BJPS,” jelasnya Sukri.

Khususnya program tersebut, sudah berjalan 4 bulan dengan melakukan serentak di seluruh sekolah SD,SMP dan SMA.

“Dengan himbauan bagi siswa untuk memberikan sisa jajannya dalam seminggu sekali 1000 rupiah. Agar mereka sejak dini gemar melakukan infak dan sedekah,” pungkasnya.(BMW-05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here