Widyaiswara BPSDM Provinsi Gorontalo Kerjasama YPDI Alhuda Melaksanakan Kegiatan Santri Leadership Training

692
0

GORONTALO (barometernewsgo.com)-Widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo mulai Kamis (4/1) mengawali program kerjanya pada tahun 2024 dengan melaksanakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Santri (Santri Leadership Training) di Pondok Pesantren Al-Huda Kota Gorontalo. .

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud Kerjasama Asosiasi Profesi Widyaiswara Provinsi Gorontalo (APWI) dengan Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islamiyah (YPDI) Al-Huda Gorontalo.

Kegiatan ini antara lain bertujuan untuk: memberikan pencerahan, pendidikan dan pelatihan kepada Santri Pontren Al-Huda serta menyiapkan kader- kader calon pemimpin bangsa yang berwawasan Ilmiah, Islamiyah dan berjiwa nasionalis yang cinta tanah air (hubbul wathan).

Dalam sambutannya Ketua APWI Provinsi Gorontalo Faiz Mahmud, mengaskan, di era era industry 4.0 dan 5.0 dengan basis teknologi digital dibutuhkan pemberian bekal kepada para santri melalui Pelatihan Kepemimpian, agar para Santri dapat menjadi calon Pemimpin yang berwawasan Keilmuan, Keislaman dan Keindonesiaan.

Menurutnya, para Santri Al-Huda merupakan Generasi Z (Genzi) harus menguasai berbagai disiplin ilmu, baik ilmu agama serta teknologi informasi yang terus berkembang saat ini.

Sementara itu, Pimpinan YPDI Al-Huda Dr. K.H. Burhanuddin Umar memberikan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan ‘Widyaiswara Mengabdi” di Pondok Pesantren Al-Huda.

Dalam materinya pimpinan Pondok Pesantren menekankan bahwa Santri sebagai calon pemimpin ummat harus mengedepankan ‘akhlakul karimah’ atau budi pekerti yang luhur, berbakti kepada orangtua serta kepada para guru (Asatidz/asatidzah).

Di bagian lain, 2 orang peserta yakni Nadia dan Nur Ain Adam kepada awak media ini mengaku merasa gembira karena dapat mengikuti pelatihan ini sehingga memperoleh ilmu dan wawasan kepemimpinan.

Pelatihan Kepemimpinan Santri Pondok Pesantren Al-Huda (Tadriibul Qiyaadah li Tullabil Ma’had Al-Huda) Angkatan I diikuti oleh 80 orang Santri Madrasah Aliyah (MA) dan Santri Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang dibagi atas dua kelas. Para peserta diberikan materi, antara lain: Membangun Kerjasama Tim, Keislaman dan Keindonesiaan; Kepemimpinan dan Keorganisasian; Teknik Komunikasi dan Public Speaking, serta materi Smart Digital.

Para Narasumber pelatihan ini, antara lain: Widyaiswara BPSDM Provinsi Gorontalo (Dr. Sumarwoto, Asrar Habibie, Iswan Hamzah, Thamrin Kum dan Faiz Mahmud), Meyke Ali Widyaiswara BPKSDM Kota Gorontalo serta BKSDM Kabupaten Gorontalo (Abd. Manaf Dunggio dan Endi Manyo’e).

Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Al-Huda ini merupakan program DPW APWI Provinsi Gorontalo yang berbasis low cost (berbiaya murah) dan bersifat partisipatif direncanakan berlangsung sampai tanggal 6 Januari 2024 (HT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here