Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG Sukses Gelar Pelatihan Pembuatan Produk Minuman Herbal dan Sabun Cuci Tangan atasi Diare

451
0

GORONTALO (barometernewsgo.com)- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo (KKN-PK UNG) sukses menggelar kegiatan Pelatihan Pembuatan Produk Minuman Herbal dan Sabun Cuci Tangan untuk Mengatasi Diare pada masyarakat desa Dulupi, kecamatan Dulupi, kabupaten Boalemo, Senin (14/08/2023).

Kegiatan ini dilakukan di Aula Balai Desa Dulupi yang melibatkan Ibu-ibu Dasawisma dan Tokoh-tokoh masyarakat dangan berkoordinasi Pemerintahan Desa Dulupi, yang dihadiri oleh Kepala Desa yang di wakili oleh Bapak Febrianto Husain, S.M selaku Kasie Pemerintahan Desa Dulupi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahdalena Sy. Pakaya, S.Farm., M.Si. Apt, Rachmawati D. Hunawa S.Kep., Ns, M.Kep, dan Multiani S. Latif, M. Farm., Apt.

Program ini dirangkaikan dengan pemberian materi mengenai bahaya dari penyakit diare serta dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan produk minuman herbal yaitu teh rambut jagung, infus water dari timun, jeruk nipis, dan seledri, serbuk minuman instan jambu biji, serta demonstrasi pembuatan sabun cuci tangan oleh Dosen Pembimbing Lapangan serta mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG.

Tujuan dari program ini untuk mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan serta mengolah potensi lokal yaitu tanaman herbal yang ada di sekitar desa dulupi menjadi minuman herbal yang menarik untuk bisa mengatasi diare dan hipertensi serta produk ini bisa menjadi Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) bagi masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat mematahkan stigma masyarakat terkait obat herbal yang pahit dan berbau.

Melihat hal ini, salah satu masyarakat Desa Dulupi, Bunda Fajria Abdjul meyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pelatihan ini, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa dulupi untuk mengatasi penyakit diare dan hipertensi.

“Kebanggan saya untuk adik-adik mahasiswa yang sudah memberi pengalaman kepada masyarakat terkait pelatihan pembuatan produk herbal yang dapat mencegah diare dan hipertensi, saya sangat mengapresiasi mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG 2023,” Ujar Bunda Fajria.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here