Asisten I Arman Mohamad Tegaskan Netralitas ASN dalam Pemilu Serentak 2024

332
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Pohuwato Arman Mohamad mengatakan seluruh Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Kabupaten Pohuwato untuk bersikap netral saat pemilihan umum serentak di tahun 2024 mendatang. Hal ini disampaikan saat menghadiri kegiatan sosialiasi netralitas ASN dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024, (02/12).

“Pemerintahan Republik Indonesia telah mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) tentang pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas pegawai ASN yang telah ditandatangani oleh 5 Lembaga yakni Kementerian PANRB, Kemendagri, BKN, KASN, dan Bawaslu,” tutur Arman

Berbicara tentang asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Arman menekankan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik dan diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun

Karena apabila ASN tidak netral maka dampak yang paling terasa adalah ASN tersebut menjadi tidak profesional dan sangat berdampak pada realisasi program dan target-target di lingkup pemerintahan khususnya di tingkat Daerah, itu tidak akan tercapai dengan baik,” ujarnya.

Arman berharap menjelang perhelatan Pesta Demokrasi Pemilu Tahun 2024, seluruh ASN di wilayah Pohuwato dapat tetap fokus untuk menjalankan roda pemerintah daerah sebagaimana tupoksinya, bersikap bijak dan profesional sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Perundang-undangan.

Saya mohon agar semua ASN dapat saling mengingatkan terkait hal ini. Kita (ASN) memang tidak dilarang untuk memilih pada perlehatan Pemilu, namun untuk membantu dan mengajak orang-orang untuk berpihak kepada 1 orang (Paslon) pilihan, Kita (ASN) dilarang,” tandasnya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here