Fendi Diange: Desa Bulangita Menjadi Pilot Projects Pembebasan Hak dan Atas Tanah Masyarakat

157
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Guna membangun jalan bypass road menuju pertambangan gunung Pani. PT. Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), dan Gorontalo Sejahtera Mining (GSM), dibawah naungan PT Merdeka Copper Gold, menyelesaikan pembayaran uang ganti kerugian (UGK), dan pembebasan lahan masyarakat Desa Bulangita.

Kepala Desa Bulangita, Fendi Diange, mengatakan semoga ini menjadi acuan bagi desa lain yang terdampak pembangunan jalan, Desa Bulangita menjadi pilot projects pembebasan hak dan atas tanah masyarakat.

“Perusahaan telah membayarkan lahan masyarakat menjadi kawasan pembangunan jalan (Bypass road), Bagi pemilik tanah yang sudah lengkap administrasi (Sertifikat),” ujar Fendi, Kamis (27/10/2022)

Dirinya mengungkapkan, ada sekitar 19 orang pemilik tanah sudah membebaskan lahannya, untuk dijadikan pembangunan jalan Bypass road menuju lokasi pertambangan.

“Ada kurang lebih 19 orang bersedia membebaskan lahannya, bahkan yang bermasalah satu orang itu, pihak perusahaan membantu mendatangi instansi terkait, demi keluarnya sertifikat tanah yang akan dibayarkan,” ungkap Fendi

Dirinya juga mengaku, pembangunan jalan perusahaan itu akan menguntungkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), terutama PAD desa itu sendiri. Serta bisa meningkatkan perekonomian yang ada di Kabupaten Pohuwato.

“Kami selaku pemerintah desa merasa bersyukur dengan adanya jalan ini, karena ini dapat meningkatkan PAD Desa terutama Kabupaten Pohuwato,” tutup Fendi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here