Gelar FGD Peningkatan Peran Kemitraan Kelembagaan Pariwisata, Ini Harapan Kadis Rifli Katili

433
0

GORONTALO (barometernewsgo.com)- Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Kamis (31/3) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Peran serta Kemitraan kelembagaan Pariwisata Provinsi Gorontalo di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Kegiatan yang mengambil tema “Membangun Pola Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Pengembangan Pariwisata” tersebut, dirangkaikan dengan pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih
menguatkan lagi peran kelembagaan, mengingat dalam dua tahun terakhir ini, akibat Pandemi Covid-19 terdapat banyak keterbatasan- keterbatasan, baik dalam jalinan silaturahim maupun aktifitas Pariwisata yang juga banyak pembatasan.

Namun saat ini, dunia pariwisata mulai bangkit sehingga perlu dirajut kembali jalinan silaturahmi dan kemitraan kelembagaan pariwisata dalam rangka pengembangan dunia pariwisata.

Menurutnya, baik dari kalangan akademisi, birokrasi, mitra usaha, asosiasi, media massa sudah saatnya bangkit mengambil peran masing-masing untuk memperkuat kembali kemitraan, kolaborasi dan sinergitas dalam mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Provinsi Gorontalo.

Rifli Katili juga menjelaskan, dari data yang ada, kunjungan pariwisata ke Provinsi Gorontalo mencapai angka lebih dari 1 juta pengunjung, termasuk dari wisatawan manca negara yang berkisar 11 ribu orang.

Meski demikian menurut Rifli Katili, pada tahun 2021 kunjungan wisatawan ke Gorontalo merosot turun tinggal dibawah 400 ribu, itupun hanya wisatawan lokal.

Sementara wisatawan domestik dan mancanegara mengalami penurunan yang sangat siginifikan akibat pembatasan aktifitas karena Pandemi Covid-19.

“Ini merupakan tantangan sehingga ke depan perlu dibangun kemitraan, kolaborasi dan sinergitas untuk membangkitkan kembali gairah pariwisata di Provinsi Goruntalo” tandasnya.

Di bagian lain, Rifli Katili menjelaskan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus HPI Provinsi Gorontalo sebagai mitra penting pemerintah dalam pengembangan dunia pariwisata

“Karena di HPI inilah tempat berhimpunya pariwisata, para pemandu wisata, merekalah yang akan memberikan kesan positif, karena mereka menjadi pendamping para wisatawan datang, bagaimana keramahtamahan mereka dalam memandu wisatawan, kemudian mereka juga memiliki tanggung jawab dalam aspek perekonomian dalam memperdayaan,” ujarnya.

Diharapkannya, ke depan HPI dapat membawa wisatawan dari Mancanegara maupun wisatawan Nusantara dan dapat memperkenalkan Pariwisata serta kebudayaan yang ada di Provinsi Gorontalo,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here