Dinas TPHP Gorut Latih Petani Lakukan Pembuangan Bunga Jantan Dari Pohon Induk Tanaman Betina

432
0

GORUT CERIA: Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kab. Gorontalo Utara, melaksanakan pelatihan kepada para petani, khususnya petani Jagung, terkait teknik  detasseling (pembuangan bunga jantan dari pohon induk tanaman betina). Pelatihan ini dipandang penting dalam rangka meningkatkan produksi benih jagung dengan jumlah yang banyak.

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pertanian Dinas TPHP Gorut, Novicawati Sujito, program detasseling ini pertama kali dilakukan di Gorontalo Utara dengan sasaran 20 hektar lahan pertanian warga yang berada di Kecamatan Sumalata Timur.

Terdapat 2 varietas jagung yang dilakukan detasseling tersebut, yakni Nasa 29 dan JH 37 yang dikerjakan oleh dua kelompok tani yang ada di Sumalata Timur.

“Detasseling ini adalah program dari Kementerian Pertanian, dan di Provinsi Gorontalo yang terpilih mendapat program ini adalah Gorut. Tentu, kami menyambut baik program ini,” jelasnya,  Selasa (21/9/2021).

Hasil produksi detasseling yang dilakukan oleh para petani Gorut ini jelas Novicawati, akan dijual pada pihak ketiga atau perusahaan yang bergerak dibidang pertanian.

Dari pihak perusahaan sendiri sudah datang langsung memantau para petani yang melakukan detasseling dan  mereka siap membeli produksi dari petani. (MM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here