Jelang Idul Fitri, Bupati Gelar Mopodungga Tingohu U Lipu

652
0

POHUWATO (barometernewsgo.com) – Pemangku adat Kabupaten Pohuwato, Rabu (12/5/2021), menggelar kegiatan adat Mopodungga Tingohu U Lipu di rumah jabatan Bupati. Dimana proses adat tersebut kegiatannya dimulai ba’da Maghrib. Dalam adat Gorontalo diawali dengan handalo atau tingohu di masjid-masjid dari rumah jabatan atau yiladiya Bupati.

Mopodungga tingohu pertanda akan memasuki 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri dibesok harinya.

Dalam proses adat tersebut diawali dari maklumat Bate lo Pohuwato, Bani Imran Kaluku bersama Wu’u Pohuwato, Asmad N. Tuna kepada tauwa lo u lipu atau kepada Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.

Pemaklumat itu ditandai pula dengan gendangan atau handalo u lipu oleh petugas atau pemangku adat dan selanjutnya Kadi Pohuwato, KH. Ahmad Saleh mengumandangkan takbiran. Prosesi itu juga dihadiri oleh Kakan Kemenag Pohuwato, Ust. Fahri Djafar dan Hakimu Pohuwato, Ust. Saiful Sabu. Diakhiri prosesi adat diakhiri dengan doa serta mongabi atau pertanda selesainya proses adat tersebut.

Bupati Saipul Mbuinga, kepada awak media menjelaskan bahwa Tingohu U Lipu adalah sebuah proses adat Gorontalo.

“Sebenarnya pada Selasa malam kemarin telah dilaksanakan Adat Tonggeyamo penentuan 1 Syawal 1442 H. Oleh karena hari raya idul fitri atau 1 Syawal jatuh pada kamis maka pada hari ini (Rabu) digelar lagi adat berupa Tingohu U Lipu yang dalam proses adat adalah pertanda akan dikumandangkannya takbir di tingkat kabupaten dan selanjutnya akan disampaikan atau diikuti oleh 13 Kecamatan yang ada di Pohuwato. Artinya, masjid-masjid yang ada di Pohuwato akan mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmit.” jelas Bupati Saipul.

Olehnya selaku pemerintah daerah, Bupati mengucapkan selamat merayakan hari raya idul fitri 1 Syawal 1442 H bagi seluruh umat muslim di Kabupaten Pohuwato.
“Mari kita laksanakan sholat idul fitri dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.” ujarnya.

Pewarta: Jesli Lalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here