Kongres Kedua AMSI Soroti Permasalahan Media Saat Ini

479
0

JAKARTA (barometernewsgo.com)-Kongres Kedua secara virtual Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8).

Mengusung tema ‘Membangun Ekosistem Media Siber Berkelanjutan’, Kongres Kedua AMSI dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun.

Kongres Kedua AMSI diikuti oleh 338 anggota AMSI yang tersebar di 21 provinsi dari Aceh hingga Papua.

Ketua Umum AMSI Wens Manggut dalam sambutannta menyoroti sejumlah kondisi yang dihadapi oleh media saat ini.

“Saat ini, begitu banyak raksasa platform yang nyaris melakukan semua pekerjaan media, tetapi tidak terikat dengan regulasi tentang pers. Tak heran, mereka pun lebih sigap beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi, karena tak dibelenggu oleh aturan (unregulated),” kata Wens dalam sambutannya.

Sehingga, cara kerja newsroom juga ikut terpengaruh. Tak pelak muncul kritik tajam terhadap kualitas media digital yang kini dinilai hanya mengejar hits dan rating semata.

Kondisi tersebut menurut Wens tidak perlu dicemaskan seandainya ekosistem ini tidak mudah ditumpangi oleh para pembawa sampah, seperti hoax, hatespeech, dan disinformasi.

“Faktanya tidak. Hatespeech, hoax, dan disinformasi marak. Dan, pada ekosistem ini, dia tidak hanya menjadi alat kepentingan seperti politik, tetapi menjelma menjadi produk yang bisa diperjualbelikan,” tegas Wens.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan perkembangan ekonomi saat ini sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Negara, menurutnya, telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga roda perekonomian agar tidak berhenti, mulai dari menggelontorkan anggaran hingga mengeluarkan sejumlah kebijakan yang bisa membantu pemulihan kondisi perekonomian. Ia berharap, media, biaa turut membantu upaya pemerintah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here