Kadis Pertanian Rahmat Pomalingo Tegaskan Pupuk Pertanian Bersubsidi Tersedia

565
0

GORONTALO GEMILANG (barometernewsgo.com)-Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo menegaskan, pupuk pertanian subsidi telah tersedia, tetapi untuk distribusi perlu penginputan dan tergantung Pemerintah Pusat.

Ini disampikan, saat awak media menanyakan keluhan masyarakat terkait ketersidiaan pupuk bersubsidi. “Penginputan itu membutuhkan NIK KTP dan nama Ibu Kandung, kami sudah berupaya dan mengumpulkannya dan sementara dalam proses penginputan, yang dulunya kami himbau dari bulan Desember 2019 untuk melengkapi data” jelas Rahmat kepada Awak Media, di Ruang Kerjanya, Senin (20/1)

Menurutnya, untuk pengumpulan data pihaknya melibatkan Dinas Dukcapil dan juga menurunkan petugas ke lapangan untuk melakukan pengumpulan data secara langsung melalui kelompok tani, dengan strategi Door To Door ke rumah Petani.

“Kalau kami bagikan sekarang tanpa melalui penginputan, maka pembagian tidak akan merata. Pupuk yang disediakan setiap petani itu, hanya untuk 2 Ha,” ucap Rahmat sambal menambahkan, meskipun pupuk banyak kalau tidak diatur dengan baik maka tidak akan merata (Merugikan yang lain).

Sekarang ini, kurang lebih 20 Desa tersebar di 9 Kecamatan yang belum mendapat pupuk, karena sistem e-RDKK (rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) tidak bisa dilakukan secara manual. “Ini yang kami sementara pacu penginputannya, dan tergantung Pemerintah Pusat. Walapun begitu, Kami usahakan masalah pupuk tersebut akan diselesaikan minggu ini,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here