Wabup Thariq Modanggu Buka Workshop Review dan Monitoring RAD AMPL Gorut 2019

730
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)- Wakil Bupati Gorut Thariq Modanggu, S.Ag., M.Pd.I. membuka workshop review dan monitoring RAD AMPL Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2019, yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gorut, Senin (26/8).

Menurut Wabup Thariq Modanggu, review dan monitoring RAD AMPL ini penting sekali dalam rangka pelayanan kebutuhan dasar seperti air dan sanitasi. Ini kebutuhan dasar sesuai dengan amanat undang-undang 23 tahun 2014 tentang pelayanan dasar.

Oleh karena itu, Wabup mengatakan, pihaknya mengharapkan agar review ini untuk mengevaluasi capaian dari dokumen RAD pada tahun 2014 – 2019, sebagai bahan untuk menyusun dokumen perencanaan untuk AMPL 2020 – 2025. “Nah, dokumen ini menjadi penting sebagai rujukan dalam pemenuhan tugas-tugas pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat,” paparnya.

Lanjut kata Thariq, terkait dengan perencanaan pembangunan daerah kedepan, maka bukan hanya dokumen AMPL ini, tapi seluruh dokumen perencanaan Gorut harus betul-betul dibuatkan dari satu inti sari yang membahas persoalan-persoalan dasar, solusi dan tahapannya. “Kalau itu yang dilakukan, lalu tinggal dipindahkan pada komposisi BAB. Kalau langsung dibawa untuk merevisi dokumen yang ada, hanya mengganti tanggal, tahun dan kegiatan. Maka, itu tidak akan menghasilkan dokumen perencanaan yang benar-benar bisa dilaksanakan,” terangnya.

“Ini menjadi penting, kenapa, karena sekarang PUDAM kita bermasalah, stagnan. Apalagi dengan data bahwa lebih banyak data kita itu hanya 5 tahun lalu hanya berada di angka 5 ribu Sambungan Rumah (SR), 19 ribu menggunakan sumur dan 3 ribu mata air. Sehingga, hal ini perlu benar-benar direncanakan dengan baik. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk intervensi APBD, lalu mana yang APBN,” tambahnya.

Terakhir, Thariq juga mendorong supaya hal ini akan dipresentasikan ke provinsi agar Gorut juga mendapatkan bantuan dari provinsi, khusus untuk sanitasi dan air bersih. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here