Tinjau Tempat Kebakaran, Bupati Pohuwato Perintahkan Kadis Perindagkop dan UKM Mendata Kerugian Korban

120
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Kebakaran yang terjadi Selasa dini hari, 25 April 2023 di pasar tradisional marisa yang menghanguskan 5 lapak, 2 rumah warga, dan 1 gedung kantor pengelola milik Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Pohuwato ditinjau langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Kadis Perindagkop dan UKM, Ibrahim Kiraman dan sejumlah pimpinan OPD, Rabu, (26/4).

Kebakaran yang terjadi di pintu masuk ke-3 pasar tradisional marisa atau dari arah utara itu dipantau oleh bupati baik itu rumah warga, gedung pengelola, dan lapak. Dari 5 lapak tersebut 1 lapak ludes sementara 4 lapak lainnya hanya bagian belakang yang terbakar dan sebagian barang masih bisa diselamatkan dari kebakaran tersebut. Bupati Saipul juga menemui sejumlah penjual yang barangnya ikut hangus di lalap si jago merah.

Pemerintah daerah kata Bupati Saipul Mbuinga akan mengambil langkah-langkah untuk pendataan pasca kebakaran tersebut.

“Pak Kadis Perindagkop bersama Kabid Perdagangan kami perintahkan untuk melakukan pendataan terutama semua kerugian dan lebih memprioritaskan khususnya barang-barang dari korban kebakaran berupa pedagang kecil yang menjual rempah-rempah. Karena terdapat 4 orang yang menjual rempah-rempah di tempat ini dengan kerugian rata-rata kurang lebih Rp. 10 Juta”,ungkapnya.

Menurut Saipul bahwa pemerintah akan mengambil bagian untuk bisa membantu para pedagang sehingga mereka bisa kembali beraktivitas dan menjual kembali sebagaimana biasa.

“Ia, untuk kerugian yang lebih besar akan dipikirkan dan kita carikan solusi dalam hal untuk bisa membantu mereka”,kata Bupati.

Selanjutnya apa yang dilakukan pemerintah daerah hari ini tidak lain adalah sebagai langkah dan perhatian pemerintah kabupaten atas terjadinya musibah kebakaran yang menimpa para pedagang di pasar terbesar di kabupaten pohuwato. Kepada warga, Bupati Saipul tak lupa mengimbau agar senantiasa waspada dan lebih berhati-hati atas kemungkinan terjadinya kebakaran seperti ini.

“Kita tetap berdoa, insyaallah tidak akan terjadi lagi musibah seperti ini, dan tak lupa tetap waspada terutama dengan barang-barang yang mudah terbakar”,harap Bupati Saipul.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here