Setelah Direnovasi, PT.Pani Gold Gold Project Serahkan 2 Bangunan di Areal BLK Pohuwato

185
0

POHUWATO – Pani Gold Project secara resmi menyerahkan dua bangunan di area Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja kepada pemerintah Kabupaten Pohuwato seteleh proses renovasi dua bangunan tersebut rampung.

Acara serah terima dilakukan pada Hari Selasa, 21 Maret 2023 oleh manajemen Pani Gold Project kepada Pemerintah Kabupaten Pohuwato selaku pemilik aset bangunan BLK tersebut. Diharapkan dua bangunan tersebut –- Gedung Kantor BLK dan Gedung Workshop –- bisa segera dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Panua.

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, dalam sambutan yang diwakili oleh Asisten 2 (Bidang Ekonomi dan Pembangunan), Fitriyanti Lasantu, ST. MM., menyatakann harapannya Pani Gold Project menjadi project tambang primer nomer satu di Indonesia.

Renovasi Gedung BLK diharapkan dapat membantu peningkatan skill dan kinerja masyarakat melalui pelatihan yang akan dilakukan di BLK.

Dalam pesan yang disampaikannya, Community Affairs Superintendent Pani Gold Project, Sri Joko Yunanto, menegaskan bahwa perusahaan selalu berkomitmen untuk melaksanakan praktek pertambangan yang baik. Bantuan dalam bentuk renovasi Gedung BLK ini merupakan wujud komitmen itu terutama dalam hal membangun sinergi dengan pemangku kepentingan di Kabupaten Pohuwato.

“Kami berharap gedung yang telah direnovasi ini bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin agar bisa membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga kerja lokal sehingga mereka bisa memperkaya pengalaman dan lebih siap pakai di dunia kerja,” kata Joko.

Joko menambahkan bahwa Pani Gold Project tentunya akan terus membangun sinergi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, termasuk BLK, terutama dalam upaya meng-upgrade skill tenaga kerja di Kabupaten Pohuwato.
Serah terima dihadiri juga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nizma Sanad SH. MM. dan diisaksikan oleh Ibu Fitriyanti Lasantu ST. MM.

Menanggapi renovasi dan serah terima dua bangunan tersebut, Kepala BLK Pohuwato, Verny Lengkong, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pani Gold Project yang telah membantu dalam pembiayaan renovasi tersebut. Pani Gold Project adalah sebuah proyek tambang emas di bawah manajemen PT Merdeka Copper Gold Tbk. Secara operasional, Pani Gold Project dikelola bersama oleh PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM), PT Pani Bersama Tambang (PBT) dan PT Mentari Alam Persada (MAP).

“Secara pribadi dan atas nama BLK, saya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pani Gold Project atas renovasi dua Gedung di BLK,” Verny menyampaikan hal itu di sela-sela kegiatannya memantau proses renovasi tersebut.

Dirinya sangat bersyukur karena dua gedung itu tentunya akan lebih nyaman dipergunakan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Dia juga mengungkapkan bahwa Gedung workshop yang telah direnovasi akan segera dipakai untuk pelaksanaan pelatihan, khususnya pelatihan keterampilan di bidang kelistrikan.

“Menurut rencana, gedung workshop akan segera dipakai untuk pelatihan keterampilan kelistrikan. Pelatihan tersebut akan diikuti 16 peserta selama 30 hari,” ujarnya.

Verny menambahkan bahwa setelah mengikuti pelatihan selama 30 hari para peserta wajib ikut ujian selama 2 hari dengan penguji atau assessor mendatangkan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Menurutnya, ini adalah bagian dari kegiatan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mendongkrak kemampuan tenaga kerja di Pohuwato.

Menurut Verny, Gedung Kantor dan Gedung Workshop BLK perlu direnovasi karena sebelumnya mengalami kebocoran di beberapa tempat. Selain mengganti atap, Gedung Kantor juga diganti plafon-nya dan dilakukan pengecatan ulang. Dia berharap, ke depan pihak perusahaan akan tetap terbuka terhadap permintaan dana atau peralatan untuk mendukung BLK.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here