Gubernur Prefektur Ehima Sebut Kerjasama dengan Gorontalo Saling Melengkapi

42
0

POHUWATO (barometernewsgo.com)-Gubernur Prefektur Ehime, Jepang Tokihiro Nakamura menyebut kerja sama dengan Provinsi Gorontalo merupakan kerja sama yang saling melengkapi. Hal itu dikemukakan Tokihiro saat berkunjung ke Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu, (18/1/2023).

“Ketika membangun hubungan (kerja sama) yang paling ideal adalah saling melengkapi,” kata Tokihiro dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan.

Tokihiro menilai Ehime punya teknologi di bidang pertanian sebagai sektor primer di daerahnya. Meski begitu, tenaga kerja menjadi masalah seiring populasi Jepang yang berkurang. Sebaliknya, Indonesia dan Gorontalo secara khusus butuh teknologi pertanian dengan populasi dan potensi alam yang besar.

“Oleh karena itu, masing masing punya kelemahan dan kekuatannya. Mudah-mudahan kita bisa menjaga hubungan yang sifatnya saling melengkapi atau saling menguntungkan,” imbuhnya.

Sepanjang perjalanan dari Bandara Djalaluddin menuju Pelabuhan Anggrek, kata Tokihiro, ia menikmati pemandangan Gorontalo. Ia menilai daerah ini punya banyak potensi di bidang pertanian, peternakan dan perikanan. Ia memberi pandangan bagaimana potensi alam harusnya dikelola seperti yang dilakukan di Jepang.

“Saya bisa merasakan betapa besarnya potensi di Gorontalo ini, asalkan bisa menerapkan teknologi dan teknik yang diperlukan dan teroganisir. Saya yakin Gorontalo ini bisa mengalami pertumbuhan yang baik,” bebernya.

Kedatangan Tokihiro ke Gorontalo diakuinya berkat relasi yang baik dengan Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel. Pihaknya sudah melakukan kerjasama ditingkat pusat, namun diajak Rahmat untuk bisa mengembangkan kampung halaman orang tuanya di Gorontalo

Kehadiran Gubernur Ehime didampingi Ketua DPRD Ehime dan sejumlah pengusaha asal Jepang. Hadir juga pengusaha dari Jakarta. Penandatanganan kerja sama antara Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dengan Gubernur Ehime dijadwalkan berlangsung malam ini.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here