KPU Kabgor Galang Komitmen Kerjasama dengan Insan Pers Kawal Pemilu 2024

238
0

KABGOR (barometernewsgo.com)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Gorontalo mulai menggalang komitmen bersama dengan insan pers untuk mengawal sekaligus mensukseskan proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Sehubungan dengan hal itu, KPU Kab. Gorontalo melakukan silaturahmi dengan insan pers Gorontalo melalui kegiatan Media Gathering di Hotel Damhil Kota Gorontalo, Selasa (11/10).

Dalam kegiatan itu, Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Kadir Mertosono menjelaskan, kegiatan silaturahmi dengan insan pers ini dimaksudkan untuk membangun komitmen bersama dalam rangka mengawal dan mensukseskan jalannya tahapan demi tahapan Pemilu 2024.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk silaturahim antara KPU dan media massa dalam mengawal jalannya tahapan pemilihan umum 2024″jelasnya.

Selain itu, pada kegiatan ini juga, KPU Kab. Gorontalo memaparkan tentang sejauhmana perkembangan tahapan Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU.

“Jadi kami menginformasikan kepada semua pihak khususnya media massa dan pemantau pemilu sudah sejauh mana tahapan pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU,” ujarnya lagi.

Menurutnya, tahapan pemilu 2024 hingga saat ini telah sampai pada tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik (parpol) yang saat ini tengah berproses di KPU RI.

KPU Kabupaten/Kota khususnya KPU Kabupaten Gorontalo, ungkap Kadir Mertosono, menangani sub tugas sebagai kewenangan, yakni melakukan tahapan verifikasi administrasi dokumen keanggotaan parpol dan verifikasi faktual kepengurusan keanggotaan parpol.

Sementara untuk tahapan pendaftaran dan penetapan partai politik sebagai peserta pemilu sepenuhnya menjadi kewenangan KPU RI.

Meski demikian, ungkapnya lagi, secara hirarki kelembagaan, KPU Kabupaten dan Kota tetap memiliki kewenangan dalam menjalankan tugas-tugas dari KPU RI.

Terkait tugas-tugas itu, Kadir Mertosono menuturkan, pihak KPU Kab. Gorontalo akan terus membangun komitmen kerjasama dengan insan pers atau media masa dalam setiap tahapan pemilu 2024.

“kita akan memperhatikan pembagian informasinya secara berimbang bagi teman-teman media, di setiap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakn KPU Kabupaten Gorontalo,” jelas.

Diharapkannya, kerjasama yang terbangun antara KPU Kab. Gorontalo dengan media masa atau insan pers dapat membawa dampak positif terhadap suksesnya agenda nasional ini, khususnya dalam menginformasikan berbagai tahapan demi tahapan pemilu 2024 kepada masyarakat.(HT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here