Sebanyak 34 Desa di Gorut Gelar Pilkades Juli 2022

215
0

GORUT CERIA: Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Gorontalo Utara dijadwalkan akan berlagsung pada 5 Juli 2022.

Pada Pilkades kali ini sebanyak 34 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan akan ambil bagian pada Pilkades serentak kali ini.

Terkait hal itu, Wakil Bupati Thariq Modanggu, meminta agar pelaksanaan Pilkades kali ini tetap menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan berpedoman terhadap peraturan berlaku.

Menurutnya, pelaksanaan pilkades sangat strategis karena merupakan salah satu model demokrasi yang melahirkan pemimpin lokal ditingkat desa.

“Pilkades bukan saja perintah perundang-undangan, tapi juga sebagai wujud demokrasi dan wujud kedaulatan rakyat. Maka kami berharap pelaksanaannya itu tetap menciptakan ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat,” ungkapnya, Kamis (10/3/2022).

Selain itu ia berharap agar orang-orang yang terpilih menjadi Kepala Desa nanti memiliki kompetensi dan jiwa kepemimpinan yang kuat dalam mengelola amanah negara untuk melaksanakan pemerintahan desa.

“Inilah hakekat sebenarnya dari pilkades, yaitu menghasilkan pemimpin yang bisa bertanggung jawab dibidang pemerintahan dan pembangunan kemasyarakatan, sejalan dengan dinamika perkembangan demokrasi ditingkat lokal desa,” ujarnya.

Terinformasi, pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini diperkirakan menelan anggaran daerah sebanyak Rp.777 juta, dan setiap desa akan mendapatkan alokasi anggaran berbeda-beda tergantung dengan jumlah pemilih.

“Anggaran ini nantinya akan ditransfer ke APBDes masing-masing desa yang akan melaksanakan pilkades,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Gorut, Abdul Wahab Paudi di ruang kerjanya.(MM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here