Pengelolaan Dana Desa, Kab. Gorut Terbaik Tiga di Gorontalo

171
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)– Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara berhasil meraih predikat sebagai Daerah yang terbaik dalam Pengelolaan Dana Desa di Provinsi Gorontalo. Daerah yang berada di wilayah Utara Gorontalo ini, meraih rangking 3 sebagai Daerah yang memiliki performance terbaik dalam pengelolaan Dana Desa.

Terkait prestasi ini, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan rasa bangga dan terima kasihnya kepada seluruh jajaran Kepala Desa dan pemerintah Desa yang telah bekerja dengan baik dalam mengelola dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah.

Meski demikian, Bupati Indra Yasin mengakui masih ada sejumlah desa di wilayahna yang  berurusan dengan Aparat Penegak Hukum. Hal itu ungkap Bupati akan menjadi bahan evaluasi dan koreksi agar ke depan tidak ada lagi desa yang bermasalah terutama dalam penggunaan dana desa.

“Kita berada pada peringkat tiga dalam pengelolaan Dana Desa, itu  patut disyukuri, meski saya tahu ada beberapa desa yang masih bermasalah, tapi mudah- mudahan ini sebagai bahan evaluasi kita untuk melakukan perbaikan dalam pengelolaan dana Desa  ke depan,” jelas Bupati, Jumat (13/1/2022).

Di bagian lain Bupati Indra Yasin juga menekankan aspek penting lainnya, seperti penyusunan perencanaan pembangunan desa  yang  harus dilakukan secara matang, terutama aspek pembangunan yang sifatnya sangat strategis serta yang menjadi prioritas, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 “Mana yang dianggap priroritas atau sifatnya strategis, itu yang harus benar-benar dilaksanakan di lapangan. Terutama yang menyentuh kesejahteraan rakyatnya,” jelas Bupati yang selalu tampil sejuk ini.

Bupati juga  mengingatkan pentingnya koordinasi dan sinergita  antar lembaga BPD, pemerintah desa dan juga tokoh masyarakat dalam menjalankan program yang menggunakan dana desa.

“Sinergitas  itu penting agar transparansi pengelolaan dana Desa terbuka dan tidak mengundang  polemic saling curiga dan sebagainya, Disitulah pentingnya peran BPD, LPM, tokoh  pemuda, termasuk masyarakat, jadi mereka harus libatkan jika nanti dalam pembahasan yang ada kaitannya dengan program – program desa,” jelasnya. (MM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here