Sukses Wujudkan Program STBM, 3 Desa di Gorut Raih Penghargaan dari Provinsi

1038
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Sebanyak 3 Desa di Gorontalo Utara pada 2021 ini, berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, karena dinilai sukses menjalankan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

3 Desa yang berprestasi itu, yakni Desa Tombulilato Kec. Atinggola, Desa Molinggapoto Selatan Kec. Kwandang dan Desa Buladu Kec. Sumalata Timur.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune mengatakan apresiasi dan penghargaannya kepada 3 Kepala Desa di wilayah ini, yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmennya untuk bekerja keras memberdayakan masyarakat berbasis sanitasi.

Menurut mantan Camat Tolinggula ini, upaya pemerintah desa menjalankan program Sanitasi Berbasis masyarakat ,merupakan pekerjaan yang tidak mudah, karena sangat terkait erat dengan semangat mengubah kesadaran dan pola pikir masyarakat untuk membiasakan hidup sehat.

Lebih lanjut Rizal Yusuf Kune menjelaskan, Program STBM merupakan program yang bertujuan untuk menyediakan layanan sanitasi dasar dengan harapan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sanitasi dan kebersihan.

Dijelaskannya, sesuai Permenkes No.3 tahun 2014, STBM terdiri dari 5 pilar meliputi, Stop buang air besar di sembarang tempat, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan air minum makanan rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga..

“Dari penilaian yang dilakukan oleh Provinsi Gorontalo 3 Desa ini mampu menjalankan program STBM di Provinsi Gorontalo sehingga layak diapresiasi dan diberi award atas hasil kerja keras mereka selama ini. Sebab hal itu memang tidak mudah”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tombulilato Zunaidin Mooduto mengatakan, upaya dan kerja kerasnya dalam memberdayakan masyarakat didasari oleh idealismenya yang menghendaki warganya memiliki pola hidup yang sehat. “Ini sudah menjadi sebuah keharusan dan tuntutan” imbuhnya.

Demikian pula dengan Kades Molinggapoto Selatan, Alfian Uno. Menurutnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengubah pola hidup yang sehat perlu didorong dan dimanifestasikan secara konkrit di tengah masyarakat.

Di bagian lain, Kepala Desa Buladu Sumalata Timur Abdul Hair Kamah menjelaskan, sebagai ujung tombak pelayanan pada masyarakat, pemerintah desa sudah harus proaktif mewujudkan tatanan warganya dalam menjalankan pola hidup yang sehat. Hal itu harus dilakukan secara konsisten dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Terkait apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Provinsi dan dukungan penuh pemerintah Kab. Gorut melalui Dinas Kesehatan, 3 Kepala Desa yang penuh semangat dan dedikasi ini menyampaikan terima kasih seraya bertekad akan terus bekerja dan berkiprah bagi kemaslahatan masyarakat di desanya masing-masing(MM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here