BMKG Gelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan di Kabupaten Pohuwato

308
0

POHUWATO (barometernewsgo.com) – Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga mengatakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) membantu meningkatkan tangkapan nelayan saat mencari ikan di laut.

“Nelayan akan diberikan pemahaman tentang cuaca. Dengan demikian menjadi paham wilayah mana saja yang banyak ikannya,” kata Bupati Saipul, pada kegiatan pembukaan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan, di Gedung Panua Kantor Bupati Pohuwato, Kamis (17/6/2021).

Bupati mengatakan pelaksanaan SLCN salah satu tugas BMKG untuk memberikan pemahaman cuaca kepada nelayan, karena selama beberapa tahun terakhir ini iklim beragam dan dinamis, serta penuh ketidakpastian.

“Menjadi tantangan berbagai sektor, termasuk perikanan untuk nelayan. Kegiatan ini mendorong edukasi nelayan supaya paham cuaca, dan dapat mengatur jadwal melaut mereka supaya terhindar dari gelombang tinggi dan juga menentukan zona mana yang banyak ikannya,” ucapnya.

Sekolah Lapang Cuaca Nelayan tahun 2021 yang digelar oleh BMKG di Kabupaten Pohuwato dengan tema mewujudkan nelayan dengan hasil tangkapan meningkat dan aman berbasis info cuaca, Bupati Saipul Mbuinga mangatakan bahwa pemda menyambut baik kegiatan yang baru kali pertama dilaksanakan di Pohuwato oleh BMKG Provinsi, kegiatan ini sangat penting karena dimana Pemda telah memberikan perhatian yang besar terhadap kepentingan para nelayan dari sisi alat tangkap dan juga peralatan-peralatan lainnya.

Selanjutnya jelas Bupati Saipul, persoalan keselamatan, kemungkinan ini juga menjadi perhatian pemerintah daerah terhadap kepentingan para nelayan dari sisi alat tangkap. Masih ada yang kurang yakni keselamatan nelayan saat perubahan cuaca ketika sedang melaut.

“Perubahan yang ekstrim terkadang terjadi ketika sedang melaut. Paling tidak ada sebuah alat yang dapat bisa menyelamatkan para nelayan tersebut, karena terkadang dari peristiwa tersebut mereka mengisahkan apa yang dialami atau keadaan dilapangan berupa mengambil beberapa alat apa itu kayu dan lainnya untuk menyelamatkan diri. Semisal ketika ada nelayan yang mengalami kecelakaan ada alat pendeteksi peristiwa tersebut, sehingga mudah diketahui keadaan dari nelayan tersebut.” harapnya.

Kepada 40 orang nelayan dan 10 orang penyuluh perikanan, Bupati Saipul Mbuinga berharap bisa mengedukasi dan memberikan pengetahuan nelayan terhadap informasi cuaca maritim guna mendukung sektor perikanan dan kelautan. Untuk itu ikuti dengan baik karena saudara sebagai perwakilan dan bisa menyampaikan kepada teman-teman lainnya.

Sementara itu Koordinator BMKG Provinsi Gorontalo, OT Oral Semwilar berharap kegiatan ini menjadi media pertukaran pengetahuan informasi, diskusi dan ajang berbagi pengalaman dari para narasumber, peserta dan stake holder terkait. Kepada peserta dapat menggunakan kesemapatan ini untuk menimba pengetahuan keterampilan untuk menunjang keberhasilan program-program pemerintah.

Pewarta: Jesli Lalu

Editor. : Yudin Abbas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here