Remaja Desa di Biawu Studi di Amerika Serikat, Wabup Thariq Modanggu Terpukau

3138
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Di tengah  kunjungan kerjanya di Desa Didingga Kecamatan Biawu, Wakil Bupati Thariq Modanggu sempat terpukau dengan keberadaan salah seorang remaja di Desa itu yang nampak berbeda dengan anak remaja di desa pada umumnya. Ia tidak hanya fasih berbahasa Inggeris, tapi juga nampak cerdas dengan kadar pengetahuan dan intelektual di atas rata-rata.

Selidik punya selidik, ternyata anak remaja yang bernama lengkap  Abdul Muthalib Pakaya tersebut, tengah kuliah S1 di dua kampus sekaligus, yakni di UW Madison University, jurusan Political Science, Wiconsin, Amerika Serikat dan di Vistulla University, Bussines dan English Studying Warsawa Poland. Di kedua kampus tersebut, anak bungsu  dari Suharto Pakaya dan  ibu bernama Suhri Mobilingo ini mengikuti studi di luar negeri  melalui program beasiswa.

Menariknya lagi, meski sempat sekolah di SMA Negeri 1 Limboto, namun Abdul Muthalib Pakaya mendapatkan kesempatan untuk stuid di Amerika Serikat dan menyelesaikan studinya setingkat SMA di Medford Senior High School, (MASH) Wisconsin Medford Amerika Serikat. 

Sebagai seorang yang berlatarbelakang akademisi, Wabup Thariq Modanggu pada kesempatan itu menyatakan rasa kagum dan bangganya, karena ternyata seorang anak remaja di sebuah desa di Biawu bisa,  terpilih dan mampu bersaing tidak hanya dalam skala nasional, tapi juga internasional sehingga mendapatkan kesempatan untuk  menuntut ilmu di Amerika Serikat.

Anak bungus Kepala Desa Didingga tersebut, urai Wabup Thariq Modanggu, tidak hanya menjadi sumber inspirasi dan rujukan bagi orang tua dan anak remaja di Gorontalo Utara, tapi juga menjadi sumber kebanggaan daerah yang patut didukung dan diapresiasi.

Keberadaan Abdul Muthalib Pakaya, tandas Wabup lagi, menjadi salah satu bukti bahwa SDM Gorontalo Utara sebenarnya memiliki potensi yang besar dan memiliki daya saing yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari  salah satu potensi perikanan yang melimpah di Gorontalo Utara, terutama ketersediaan protein ikan yang menjadi salah satu instrumen penting dalam menunjang kecerdasan otak manusia di daerah ini yang cukup melimpah.

Yang penting menurut Wabup, generasi muda Gorontalo Utara harus berani untuk tampil ke permukaan, memperssiapkan diri dengan tekun belajar dan memperbaiki karakter yang mumpuni sebagai generasi muda agar bisa diandalkan di masa-masa mendatang.

“Yang penting itu berani, mempersiapkan diri dengan tekun belajar, Sholat dan karakter yang baik” tandas Wabup sembari berharap agar Abdul Muthalib Pakaya, ke depan,  dapat menjadi seorang ilmuan yang handal, kader intelektual yang dapat mengharumkan nama Gorontalo Utara, tidak hanya di tataran nasional tapi juga internasional serta menjadi sumber inspirasi bagi remaja dan generasi muda Gorontalo Utara untuk meningkatkan kapasitas dan daya saingnya demi masa depan yang lebih baik, terutama dalam kerangka membangun dan memajukan Gorontalo Utara yang lebih baik.  

Pemerintah Gorontalo Utara, tandas Thariqq Modanggu, akan terus mendukung dan mensuport peningkatan kualitas SDM Gorontalo Utara agar kelak generasi mudanya dapat tampil untuk berkiprah memainkan peran penting bagi kemajuan dan masa depan daerah ini. (Miton).      

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here