Capaian Program PIS-PK, Bupati Indra: Gorut Canangkan Kabupaten Sehat

361
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Focus Grup Discussion (FGD) Capaian Program PIS-PK yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara di Grand’Q Hotel Kota Gorontalo, dibuka secara resmi oleh Bupati Indra Yasin (8/12/2020).

Menurut Indra Yasin Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang telah menjadi program di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Gorontalo Utara merupakan program yang harus di laksanakan, sebelumnya Gorontalo Utara juga telah melakukan pencanangan sebagai kabupaten kota Sehat.

Untuk menjadi kabupaten kota sehat ada beberapa indikator yang harus di penuhi diantaranya pemenuhan fasilitas yang menunjang Berupa penyediaan jamban keluarga. Saat ini Gorontalo Utara tercatat sudah ada sekitar kurang lebih 79% keluarga yang sudah memiliki jamban.

“Memang ada 12 indikator yang harus dipenuhi bahwa keluarga itu dikatakan satu keluarga yang sehat. Dan antara lainnya bahwa fasilitas kesehatan itu ada, misalnya ada jamban keluarga, sudah harus ada” Terang Indra.

Syarat lainnya kata Indra adalah program ASI, dimana anak-anak bayi diharuskan untuk menyusui ASI sampai umur 2 Tahun, dan untuk program ini kata Indra, capaian Gorut masih sangat minim yaitu 36%.

“Keluarga atau ibu ibu kita menyusui anaknya, itu baru sekitar 36%, sehingga ini kedepannya masih pekerjaan besar kita untuk menyadarkan ibu-ibu menyusui anaknya. padahal anak-anak menyusui sebagai salah satu cara untuk menekan stanting, karena ASI Ibu, imun anak-anak itu ternyata kuat, hasil penelitian para ilmuwan seperti begitu”.,
Dan ketiga tentu lingkungannya juga harus bersih kita sudah canangkan kabupaten kota bersih. Sudah banyak kita canangkan untuk mendorong pencapaian Indonesia Sehat ini, khususnya di Gorontalo Utara” Pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here