Sekda Boalemo Rapat dengan Mendagri Bahas Strategi Penanganan COVID-19

135
0

BOALEMO DAMAI (barometernewsgo.com)-Sekretaris Daerah Boalemo, Sherman Moridu menghadiri rapat bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan BPKP Provinsi Gorontalo, melalui vidio conference di ruang vicon, Selasa (2/12).

Dalam kegiatan rapat itu, Sherman mendengarkan arahan menteri agar mempercepat pembelanjaan APBD agar dampaknya dapat dirasakan masyarakat.

“Setiap daerah harus mempercepat pembelanjaan APBD dan harus jelas peruntukannya juga di rasakan oleh masyarakat di dearah tersebut apalagi saat ini kita masa dalam situasi covid 19,” kata Mendagri.

Sejak kali pertama muncul sebagai kasus aktif, COVID-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi juga memukul aktivitas perekonomian masyarakat.

Untuk itu, pemerintah telah mengambil strategi kebijakan melalui berbagai kebijakan relaksasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN) khususnya dengan melakukan peningkatan belanja untuk kesehatan dan pemulihan perekonomian.

Dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara dan pembiayaan, Pemerintah berusaha melakukan penyelamatan kesehatan dan perekonomian nasional.

Salah satu kebijakan yang ditempuh yakni Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Program PEN ditujukan untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat serta memulihkan perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

“Dimulai dari rumah tangga masyarakat yang paling rentan, lalu ke sektor usaha (UMKM). Pelan-pelan roda perekonomian mulai berputar. Dengan adanya program PEN diharapkan adanya pertumbuhan ekonomi,” tutup Mendagri.

Pewarta: Apri Y Adam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here