Kelompok SEHATI Desa Leboto Masuk 4 Besar Lomba P2L Tingkat Provinsi

158
0

GORONTALO (barometernewsgo.com)-Kelompok SEHATI binaan TP-PKK Desa Leboto tahun 2020 ini, kembali mempersembahkan prestasi yang mengharumkan nama Kab. Gorontalo Utara di tingkat Provinsi. Desa yang dipimpin Alfian Ali sejak tahun 2019 ini, meraih empat besar sebagai desa terbaik pada Lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tingkat Provinsi Gorontalo.

Usai menerima penghargaan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Kamis (12/11), Ketua TP-PKK Desa Leboto Ny. Ulin Mohune mengatakan, setelah melalui proses penilaian yang cukup panjang sejak Oktober 2020 lalu, akhirnya Desa Leboto menempati rangking 4 sebagai desa terbaik dalam pengembangan Pekarangan Lestari tingkat Provinsi untuk kategori penumbuhan. “Alhamdulillah, meraih empat besar tingkat Provinsi, ini jadi motivasi untuk kami ke depan” tandasnya.

Meski belum masuk kategori tiga besar, namun Ulin Mohune mengatakan akan terus berusaha melanjutkan program P2L di desanya bahkan sampai ke dusun-dusun dan dasawisma. Menurutnya, dalam mengembangkan program pangan lestari, orientasi utamanya memang bukan untuk meraih kejuaraan tapi lebih menitikberatkan pada segi manfaatnya bagi masyarakat.

Program P2L ungkap Ulin Mohune, sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK untuk meningkatkan gizi keluarga, menjadi sumber penghasilan tambahan bagi ibu-ibu rumah tangga dan yang terpenting lagi menumbuhkan semangat ibu-ibu PKK untuk beraktifitas memanfaatkan pekarangan atau lahan yang tidak produktif menjadi produktif. Apalagi, Dinas PMD, Pemerintah Kecamatan dan Desa, sangat mendukung program ini sebagai bagian dari upaya bersama dalam memberdayakan masyarakat agar menjadi produktif dan memiliki penghasilan tambahan dari gemar menanam.

Karena itulah, sejak awal tahun 2019 lalu, PKK Desa Leboto langsung merespon lomba P2L dengan membentuk kelompok SEHATI yang dibina langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Ibu Hj. Idah Syahidah Rusli Habibie.

Selain menyediakan lahan seluas 600 Meter sebagai lahan percontohan, PKK Desa Leboto, juga memasyarakatkan program P2L di setiap rumah tangga, terutama Ibu-Ibu PKK agar memanfaatkan lahan kosong atau lahan yang tidak produktif untuk ditanamai berbagai tanaman pangan, seperti Tomat, Cabe, Kangkung darat, Sawi, Bawang merah dan jenis tanaman lainnya.

Kegiatan Lomba Pekarangan Pangan Lestari, merupakan program nasional yang secara teknis berada di bawah naungan Dinas Pangan di tingkat Provinsi yang didukung sepenuhnya oleh Bank Indoensia Perwakilan Gorontalo. Program ini dimaksudkan, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat, melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan keluarga, meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan yang beragam, bergizi, seimbang dan Aman (B2SA) serta meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar guna mendukung program pengendaian inflasi. (AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here