Gorut Siap Jadi Pilot Project Daerah Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Nasional

956
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu,S.Pd, M.Pdi yang juga ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Gorontalo Utara, Jumat (8/11) kemarin memaparkan program penanggulangan Kemiskinan  di Gorontalo Utara dI Kantor TNP2K (Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Nasional (TNP2K), Jakarta.

Pertemuan yang membahas tentang berbagai program pemerintah daerah Gorut seperti Inovasi pembangunan dan Pemberian Modal Usaha Keluarga dan Bantuan Masa Tunggu ini dihadiri Tim Advokasi TNP2K, Toton Darsono. Dalam penyampaiannya, Wabup Thariq mengungkapkan pentinganya program Inovasi pembangunan yang diterapkan di Gorut sebagai upaya pemerintah daerah dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

 “Dimana Program Inovasi pembangunan sangat berpengaruh pada segala lini sektor seperti ekonomi, sosial, dan kesejahteraan masyarakat. Jika ini berhasil diterapkan, pastilah akan berdampak pada menurunnya angka Kemiskinan di daerah. Ini yang menjadi fokus kami”,ungkap Wabup Gorut ini.

Menurut Ketua TKPK Gorut ini ada beberapa langkah strategis tim TKPK yang disampaikan kepada tim Advokasi TNP2K diantaranya, mengawal penggunaan data terpadu di tingkat OPD sehingga bantuan ke masyarakat ke depan akan lebih baik dari sebelumnya, mengevaluasi sistem pengusulan dan penyaluran  bantuan di tahun2 sebelumnya, dan Inovasi Percepatan penanggulangan kemiskinan melalui penguatan kelembagaan Keluarga melalui Pendamping Keluarga Ceria (PKC) dan Klinik Keluarga dan Desa Ceria (KKDC).

Sehingganya, Wabup berharap program ini mendapat respon positif pemerintah pusat untuk segera diintervensi melalui program maupun bantuan khusus bagi Pemkab Gorut baik di tahun ini ataupun tahun 2020.

Pada kesempatan yang sama, Tim Advokasi TNP2K, Toton Darsono mengapresiasi inovasi penanggulangan kemiskinan di Gorontalo Utara. Menurut Toton apabila program ini sudah direalisasikan tahun depan maka TNP2K akan menjadikan Gorontalo Utara sebagai Pilot Project Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di tingkat Nasional.(MM/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here