Kapal Gandha Nusantara Resmi Beroperasi, Bupati Ucapkan Terima Kasih Pada Pemerintah Pusat

491
0

Kapal Gandha Nusantara resmi beroperasi di Gorut//Jdl

Bupati:”Terima kasih Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenhub RI”//Sub

GORUT – Usai melaksanakan penendatanganan Berita acara penyerahan Kapal Antar pulau dari Kementerian Perhubungan RI awal Bulan lalu, akhirnya, Kapal Antar Pulau yang bernama KM Gandha Nusantara, Sabtu (26/10) kemarin resmi beroperasi dan diterima pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara di Pelabuhan Kwandang. Kapal KM Gandha Nusantara yang berkapasitas 95 orang ini, nantinya akan beroperasi di wilayah perairan Kabupaten Gorontalo Utara. Bupati Gorontalo Utara, DR. Hi. Indra Yasin,SH,MH menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI, Dirjen Perhubungan Laut, dan Komisaris Utama PT. PELNI pusat, Ali Mansyur Musa, M.Si, M.Hum yang telah mengawal bantuan kapal tersebut hingga berlabuh dengan selamat di Pelabuhan Kwandang.

“Ya, atas nama pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara, kami sampaikan terima kasih banyak kepada Pemerintah pusat, melalui Pimpinan PT.PELNI. tentunya kapal ini sebagai bentuk komitmen kami kepada masyarakat Gorut untuk memudahkan akses transportasi laut antar pulau. Dan ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya, juga untuk memantau aktifitas pulau-pulau yang ada disini. Sebab sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Gorut memiliki 52 pulau dan berhadapan langsung dengan batas perairan negara tetangga. Tentunya perlu mendapatkan perhatian serius kita semua untuk memantau pergerakan yang ada di Pulau wilayah Gorut”,ungkap Bupati Indra Yasin.

Selain itu, Bupati berharap kedepan kapal ini bisa dioperasikan oleh tenaga ahli dibidang perkapalan, dan dimanfaatkan untuk menghubungkan masyarakat antar pulau seperti Pulau Ponelo dan Saronde.

Sementara itu, Komisaris Utama PT.PELNI, Ali Mansyur Musa menjelaskan bahwa kapal KM Gandha Nusantara ini memiliki 3 akses fungsi pemanfaatannya.

“Pertama, Akses antar pulau dan bisa di manfaatkan oleh masyarakat layaknya KM Sabuk nusantara, Kedua, untuk mendekatkan jarak antar pulau dan menghubungkan masyarakat, dan yang Ketiga, sebagai wujud komitmen pemerintah pusat dalam membangun konektivitas antar warga negara. Sehingga, saya berharap agar kapal ini dapat dikelola dengan sebaik mungkin serta dijaga fasilitasnya agar tercipta rasa nyaman dan safety bagi para penumpangnya”,pungkas Ali.

Kapal KM.Gandha Nusantara ini merupakan tipe Kapal Penumpang Cargo, tahun pembuatan 2019, asal kapal dari Samarinda, dan bernilai 13,5 Milyar per Unit.(MM/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here