Pemprov Gorontalo Resmi Membuka Unit Baru Kantor Samsat Pembantu Kec. Wonosari di Kab. Boalemo

85
0

GORONTALO (barometernewsgo.com)-Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Badan Keuangan Provinsi secara resmi membuka unit baru kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pembantu di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo.

Peresmian Kantor Samsat Pembantu ini ditandai dengan peresmian dan gunting pita yang dilakukan oleh Pj. Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bersama Pejabat Bupati Boalemo Sherman Moridu dan Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo Kombes Pol. Mariochristhy Panca Sakti Siregar, Rabu (21/3).

Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, Sukril Gobel kepada awak media menjelaskan, alasan mendasar dibukanya Kantor Samsat Pembantu Wonosari ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan dan memudahkan akses pelayanan kepada Masyarakat Boalemo, khususnya Kecamatan Wonosari dan sekitarnya termasuk Paguyaman dan Paguyaman Pantai.

Menurutnya, upaya ini sangat penting dan mendesak, mengingat jumlah kenderaan untuk wilayah Wonosari dan sekitarnya mencapai setengah dari jumlah kendaraan yang ada di wilayah Kabupaten Boalemo.

Berdasarkan data Badan Keuangan yang dihimpun sampai dengan 31 Desember 2023, jumlah kendaraan khusus di Kabupaten Boalemo sebanyak 51.830 Unit dengan Kecamatan Tilamuta terbanyak sekitar ± 13.000 Unit, Wonosari yang kedua ±12.000 Unit, Paguyaman ±11.000 Unit serta Paguyaman Pantai ± 1.700 Unit.

Untuk itu, dengan dibukanya Kantor Samsat pembantu ini bisa memberikan solusi bagi masyarakat di kawasan Wonosari, Paguyaman, Paguyaman Pantai dan kawasan sekitarnya untuk tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Kantor Samsat Tilamuta.

“Dengan begitu, warga masyarakat di wilayah ini diberikan kemudahan mengurus pembayaran pajak kenderaan bermotor” ucap Sukril Gobel.

Selain itu, lokasi Kantor Samsat Pembantu Wonosari cukup strategis karena berada di samping Kantor Camat Wonosari dan Kantor Pembantu Bank SulutGo atau berada di pusat kecamatan yang mudah diakses oleh masyarakat.

Sukril Gobel mengharapkan dengan dibukanya kantor Samsat Unit Pembantu di kawasan Wonosari dapat mengoptimalkan Pajak Kendaraan Bermotor mengingat masih sekitar 51 persen dari jumlah kendaraan yang ada di Kabupaten Boalemo masih menunggak.

Untuk itu, Sukril Gobel menghimbau agar masyarakat di kawasan ini dapat memanfaatkan dengan baik upaya Pemerintah Provinsi yang senantiasa memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk mengurus dan membayar pajak kenderaan bermotor, khususnya di kawasan Wonosari dan sekitarnya.(Tr/Awal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here