Bus Sekolah Gratis di Gorut Menuai Sorotan, Kadis Perhubungan Sampaikan Hal ini

432
0

GORUT CERIA: Penggunaan Bus sekolah gratis yang sejatinya digunakan untuk mengangkut para siswa di Kabupaten Gorontalo Utara, justru saat ini digunakan oleh Organisasi Perangkat Daerah untuk kegiatan operasional yang lain.

Hal itu menuai sorotan dari berbagai pihak karena tidak ada penjelasan terkait hal itu dari instansi yang berwenang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Gorontalo Utara, Nasution Djou mengatakan, bus sekolah gratis saat ini belum dapat beroperasi untuk mengangkut siswa karena pemerintah daerah masih mengalami defisit anggaran untuk operasional kendaraan.

Dalam mengoperasikan kendaraan tersebut tandas Nasution, pemerintah daerah mesti menganggarkan BBM dan suku cadang setiap

“Nah itu tidak ada sama sekali, 100 ribu pun tidak ada. Baik itu pembelian ban dan BBM. Sebenarnya, ini bukan salah pemda tetapi memang kondisi saat ini masih dalam defisit sehingga tidak bisa dipaksakan,” ujar Nasution, Selasa (22/2/2022).

Diakuinya, Dinas Perhubungan telah beberapa kali mengajukan anggaran terhadap kegiatan operasional untuk para siswa namun pemda belum juga bisa menganggarkannya.

Soal pengunaan bus sekolah untuk kegiatan OPD, Ia menjelaskan bahwa statusnya adalah peminjaman. Dimana, setiap OPD yang meminjam maka harus menyediakan BBM termasuk jika kendaraan mengalami kerusakan maka OPD tersebut harus bertanggun jawab.

Ia juga menambahkan, dari tujuh bus gratis yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan tiga diantaranya, sudah rusak.

“Harapan saya kondisi daerah anggarannya sudah mulai normal kembali. Sehingga apapun program yang berhubungan dengan meminimalisir kesusahan dari masyarakat dapat teratasi dengan cepat,” imbuhnya. (MM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here