Ditetapkan Sebagai Universitas Swasta Terbaik di Gorontalo, Ini Fakta Terkini UMGO

1328
0

KAMPUS UMGO (barometernewsgo.com)-Meski masih berusia belia, yakni berdiri pada 2008 silam, namun geliat Univerisitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) terus mengalami perkembangan cukup pesat yang menuai perhatian dan apresiasi dari berbagai pihak.

Tidak heran, jika Universitas yang kini dipimpin Prof. Kadim Masaong itu, terpilih dan ditetapkan sebagai Universitas Swasta Terbaik di Provinsi Gorontalo tahun 2021 versi UniRank yang dirilis pada 29 Oktober 2021 lalu. UniRank merupakan sebuah lembaga perangkingan Perguruan Tinggi internasional yang berkedudukan di Sidney Australia.

Terkait hal itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Afris Ara Tilome menjelaskan, penetapan UMGO sebagai Universitas swasta terbaik di Provinsi Gorontalo, merupakan sebuah penilaian obyektif yang memang sesuai dengan fakta dan perkembangan terkini UMGO yang juga dikenal dengan motto Kampus Membangun Citra, Unggul dan Berkemajuan ini.

Menurut Afris Ara Tilome, selama ini kampus UMGO memang terus berupaya semaksimal mungkin melakukan pembenahan dan penataan kampus yang berbasis pada peningkatan mutu akademik.

Diantaranya, pembenahan sarana-prasarana kampus, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kampus dan peningkatan kualitas layanan prima akademik.

Dari sarana dan prasarana kampus, masyarakat sudah dapat menyaksikan langsung, bagaimana perkembangan gedung dan ruang perkuliahan yang berdiri megah di Puncak Huntulobohu, pembangunan fasilitas dan sarana-prasarana penunjang, bahkan boleh disebut UMGO merupakan kampus terluas di Gorontalo yang berdiri di atas lahan 15 hektar dari yang ditargetkan seluas 30 hektar.

Dari indikator SDM, kampus UMGO juga terus mengorbitkan dosen yang bergelar Doktor jebolan Universitas ternama di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, UMGO senantiasa konsisten mengorbitkan karya-karya ilmiah, riset dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat sebagai manifestasi pengembangan Catur Dharma Perguruan Tinggi. Yang tidak kalah pentingnya kampus UMGO saat ini terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, baik di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional dalam kerangka meningkatkan kapasitasnya sebagai kampus yang berkualitas di masa kini dan masa mendatang.

Ia bersyukur, berbagai upaya yang dilakukan pihak kampus selama ini, telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Indikatornya dapat dilihat dari kian meningkatnya tingkat trust atau kepercayaan masyarakat yang ditandai dengan salah satunya semakin meningkatnya jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun dan penilaian UniRank yang dirilis bulan kemarin itu, merupakan 2 indikator bahwa kampus UMGO progresif” tandasnya seraya berharap agar prestasi itu dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang. Hal itu tandas Afris Ara Tilome, menjadi instrumen penting untuk memotivasi dan menjadi spirit bagi civitas akademika UMGO untuk terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi kampus ini.

Sementara itu, salah seorang Dosen senior UMGO, Rusli Abdurahman Idji menambahkan, selama ini UMGO konsisten pada pengembangan kampus dengan 9 indikator, antara lain, pemantapan visi-misi, tujuan dan strategi, tata pamong, tata kelola dan kerjasama atau kemitraan, kemahasiswaan, SDM kampus, pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, pengembangan sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan luaran capaian Tridharma.

Menurut jebolan Doktor dari salah satu Perguruan Tinggi di Makasar ini, prestasi dan apresiasi terhadap kampus UMGO sebagai universitas terbaik di Gorontalo ini, menjadi bukti otentik bahwa civitas akademika UMGO fokus, konsisten dan memiliki semangat mewujudkan kampus yang berkualitas.(AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here